Home > JATENG RAYA > Popnas 2017, Sarana Olahraga Kendal Kurang Memadai

Popnas 2017, Sarana Olahraga Kendal Kurang Memadai

Bupati Kendal Mirna Anisa mengalungkan medali kepada pemenang pertandingan dalam Popnas XIV di Kendal. (foto: metrojateng.com/Edi Prayitno)

KENDAL – Ditunjuknya Stadion Utama Kebondalem Kendal menjadi tempat pelaksanaan Pekan Olah raga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Kendal. Namun demikian sejumlah fasilitas sarana dan prasarana yang ada untuk pertandingan masih kurang memadai.

Untuk lapangan voli pasir misalnya, tidak memenuhi standar internasional. Kedalamanya hanya 35 sentimeter dari yang seharusnya 40 sentimeter. Akan tetapi untuk nasional, cukup memenuhi.

“Lalu segi luasnya hanya standar nasional. Kalau dikatakan berpengaruh atau tidak pada permainan tim yang berlaga, ya pengaruh terhadap pemain, yakni area untuk pemanasan masih kurang. Kalau segi cuaca panas tidak ada pengaruhnya sama sekali,” kata Manajer Pelatih Cabang Olahraga Voli Pasir, Abdul Latif.

Menurutnya, dengan fasilitas seperti itu, Kabupaten Kendal lebih cocok menjadi tuan rumah untuk gelaran olahraga tingkat yunior. “Ini kan tingkat pelajar,” katanya.

Meski kurang memadai, Bupati Kendal Mirna Annisa sangat mengapresiasi atas ditunjuknya Kendal dalam menjadi bagian tempat penyelenggaraan Popnas 2017. Menurutnya, hal ini merupakan sebuah kepercayaan dari pihak panitia penyelenggara kepada tempat olahraga yang ada di Kendal.

“Itu menandakan Kendal mendapat kepercayaan. Dipandang memiliki lapangan olahraga yang memungkinkan. Ini merupakan apresiasi yang luar biasa,” ungkapnya. Pihaknya telah melakukan evaluasi dan berencana akan melakukan perbaikan sarana dan prasarana yang ada di lingkup stadion tersebut.

“Harus diperbaiki, sudah ada kajian dalam perbaikan supaya lebih bagus. Utamanya juga harus kita rawat sebagai wadah anak muda untuk berkreasi dalam hal berolahraga. Makanya kita terus selalu menjaga lingkungan untuk terus tetap bersih,” katanya.

Kadisporapar Kabupaten Kendal Taviv Purnomo mengakui ketidaksempurnaan sarana prasarana di Stadion Utama Kebobdalem. Menurutnya masih adanya beberapa tempat yang harus dibenahi.

“Tempat arena belum cukup sempurna. Untuk arena lintasan bawahnya, kurang penerangan. Untuk tempat voley pasir kita akan tambah sarana prasarananya, termasuk pagar,” jelasnya.

Pemkab Kendal telah menyiapkan segalanya untuk menyukseskan Popnas 2017. Diantaranya, dengan memperbaiki sarana dan prasarana olahraga, seperti lapangan voli dan memperbaiki lantai keramik stadion. “Kami sudah mempersiapkan semuanya, supaya para atlet dan tamu-tamu dari luar daerah merasa senang dan nyaman ketika berada di Kendal,” kata Taviv. (MJ-01)

 

Ini Menarik!

Konduktor Asal Amerika Akan Ramaikan Konser Sumpah Pemuda

Share this on WhatsAppSEMARANG – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Kota Semarang melalui …

Silakan Berkomentar