Home > HEADLINE > Polres Ungaran Bongkar Jaringan Pemalsu BPKB

Polres Ungaran Bongkar Jaringan Pemalsu BPKB

Ilustrasi
Ilustrasi

UNGARAN – Satuan Lalu Lintas Polres Semarang berhasil mengungkap jaringan pemalsuan surat-surat kendaraan bermotor. Sejauh ini baru satu tersangka yang ditangkap, sedangkan dua pelaku lainnya masih buron.

Tersangka, Suprat (47) diringkus di rumahnya, Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur. Pria yang berprofesi sebagai sopir truk itu diketahui akan mengajukan pinjaman hutang ke bank dengan jaminan sebuah mobil.

Namun, setelah dilakukan pengecekan oleh pihak bank, ternyata semua dokumen kendaraan tidak sesuai dengan BPKB dan STNK yang tercantum di Samsat. “Dari temuan tersebut, kemudian kami melakukan penyelidikan dengan memeriksa tersangka Suprat,” kata Kapolres Semarang AKBP Muslimin Ahmad melalui Kasat Reskrim Iptu Herman Sopian, Jumat (5/12).

Berdasarkan keterangan Suprat, dirinya membeli mobil dari seseorang di Semarang senilai Rp 35 juta. Sedangkan pengurusan dokumen kendaraannya dibeli seharga Rp 17 juta melalui perantara yang bernama Bambang.

“Penjualnya menjamin surat-suratnya bisa digadaikan ke bank. Saya akhirnya membelinya dan digadaikan Rp 85 juta. Rencananya uang itu akan digunakan untuk bayar hutang,” tutur Suprat.

Penyidik menerapkan pasal berlapis yakni pasal 263 KUHP atau pasal 266 KUHP tentang pemalsuan surat atau menempatkan keterangan palsu ke dalam suatu akta otentik. Selain itu dikenai pasal 480 KUHP tentang penadahan barang hasil kejahatan.

Herman mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan hati-hati jika melakukan jual beli kendaraan. Selain itu pihak bank atau jasa keuangan lebih waspada dan teliti sebelum menerima jaminan BPKB. Sebab modus kejahatannya, mengajukan pinjaman uang di bank dengan menggunakan BPKB palsu.

“Kami masih akan mendalami kasus ini untuk meringkus tersangka lain yang membuat dokumen kendaraan palsu tersebut. Sangat dimungkinkan kasus ini melibatkan banyak pihak,” terang Herman Sopian. (MJ-02)

Ini Menarik!

Senggolan di Ruang Karaoke, Feri Tewas Ditusuk

Share this on WhatsApp Beberapa diantara terduga pelaku pengeroyokan yang terjadi di tempat karaoke di Hotel …

Silakan Berkomentar