Home > JATENG RAYA > Polres Magelang Mulai Sosialisasikan E-Tilang dan E-SIM 

Polres Magelang Mulai Sosialisasikan E-Tilang dan E-SIM 

ilustrasi

MAGELANG – Jajaran Satlantas Polres Magelang Kota mulai memberikan sosialisasi ke beberapa elemen masyarakat, terkait dengan kesiapan Polres untuk menerapkan penindakan langsung secara elektronik atau Elektronik-Tilang (E-Tilang).

 Kapolres Magelang Kota, AKBP Heri Purnomo melalui Kasatlantas, AKP Marwanto mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya sudah melakukan sosialisasi di  Aula Polres Magelang Kota. Sosialisasi disampaikan kepada sejumlah tamu undangan. Antara lain para Lurah di Kota Magelang dan Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Lalu Babinsa dan Babinkamtibmas.

 Menurut Marwanto, untuk sosialisasi tidak hanya E Tilang saja, namun juga  Electronic SIM (E-SIM). Termasuk PP No 60 Tahun 2016 dan Perma No 12 tahun 2016.

 “Sosialisasi untuk memahamkan kepada masyarakat akan sistem ini,” tandas Marwanto.

 Ia menjelaskan, E-Tilang merupakan sebuah aplikasi mobile yang berfungsi untuk melakukan pembyaran denda tilang di bank secara online. Masyarakat pelanggar lalu lintas tidak harus datang ke bank untuk membayar titipan denda tilang secara manual. Pembayaran bisa dilakukan dengan E-Bank, seperti lewat ATM.

 Aplikasi untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan publik di bidang lalu lintas. Juga  menindaklanjuti program Prioritas Kapolri berupa peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah dan berbasis TI dengan target memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pembayaran denda tilang serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menaati peraturan lalu lintas di jalan.

 Kasubag Humas Polres Magelang Kota, AKP Esti Wardiani menambahkan, ada sejumlah keuntungan dalam penerapan E-Tilang ini. Di antaranya aplikasi berbasis Android, data tilang terpusat waktu, tidak perlu menulis secara manual, dan lebih cepat penindakannya serta tidak memerlukan blanko tilang.

 Pembayaran tilang bisa terintegrasi dengan banyak bank, terkoneksi dengan pengadilan untuk menyidangkan atau menjatuhkan putusan denda. Petugas dapat melampirkan bukti-bukti pelanggaran berupa foto/film/rekaman sebagai lampiran sidang, sebagai landasan pada sistem pengujian SIM, edukasi, dan program-program Polantas Lainya.

 Yang tidak kalah penting, E-Tilang dapat memberikan info aktual sebagai potret budaya tertib berlalu lintas. Dengan banyak manfaat ini, diharap tilang lebih efektif dan efisien baik dalam penindakan maupun edukasi budaya tertib lalu lintas. (MJ-24)

Ini Menarik!

Buka Kelas Industri, SMK 7 Didukung Bengkel Mini Bintrako Dharma

Share this on WhatsApp SEMARANG – Zaman sekarang hanya berbekal keterampilan saja tidak cukup bagi …

Silakan Berkomentar