Home > JATENG RAYA > Polda Jateng Kirim 1.200 Polisi Amankan Arus Mudik di Pemalang

Polda Jateng Kirim 1.200 Polisi Amankan Arus Mudik di Pemalang

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono

SEMARANG – Ribuan aparat kepolisian bakal diterjunkan untuk memperkuat pengamanan arus lalu lintas saat gerbang Tol Pemalang dibuka tepat saat Lebaran Juni nanti. Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono memastikan akan ada sedikitnya 1.200 personel yang disebar di sepanjang ruas Tol Pemalang.

“Kita mendapat bala bantuan sekitar 1.200 personel dari Mabes Polri untuk memperlancar arus lalu lintas sampai gerbang Tol Pemalang. Jumlahnya bertambah dibanding Lebaran 2016 hanya 600 personel. Apalagi, jalan tolnya nanti sampai ke Gringsing Batang,” katanya saat menggelar pertemuan lintas dinas di Oak Tree Jalan Papandayan Semarang, Kamis (20/4).

Ia memprediksi kepadatan pemudik tahun ini bakal meningkat pesat. Sebab, terdapat limpahan volume kendaraan dari jalan tol Jawa Barat saat Lebaran nanti.

Terlebih lagi, jumlah pemudik dari Jawa Barat dan Jawa Timur biasanya melonjak tajam. Pemudik Jawa Barat akan masuk ke Jawa Tengah via Tol Brebes Timur. Pun demikian dari Jawa Timur akan menyerbu lewat perbatasan Pati.

“Makanya kita koordinasikan dengan Polda Jabar dan kementerian untuk mengatasi lonjakan pemudik,” terangnya.

Karena itulah, ia pun mendorong kepada Kementerian PUPR agar melakukan upaya antisipasi salah satunya mengalihkan volume kendaraan ke ruas Tol Pemalang.

“Kalau ingin kemacetannya tertangani dengan baik, maka harus dialihkan ke ruas Tol Pemalang sepanjang 2 kilometer,” ungkap Condro.

“Kita mendorong supaya pemerintah lekas menyelesaikan proyek Tol Trans Jawa. Paling tidak sudah harus fungsipnal walaupun belum bisa beroperasi penuh. Saya rasa itu bisa sangat membantu,” imbuhnya.

Dari hasil survei terakhir yang dilakukan petugasnya, fungsional Tol Pemalang harus dilakukan sejak H-10 Lebaran. Jalur yang bisa dibuka sementara ialah dari Pemalang-Batang.

Tak hanya itu saja, katanya. Ruas Tol Pemalang nantinya hanya bisa dilewati kendaraan dengan beban kecil karena aspal jalannya masih tipis.

“Itu opsi paling tepat agar mudik Lebaran 2017 jadi lebih bagus ketimbang tahun kemarin. 2016. Jadi khusus kendaraan kecil bisa lewat Pemalang kalau kendaraan bertonase besar harapannya lewat di Brebes Timur kecuali truk sembako,” paparnya.

Untuk ruas Tol Semarang sendiri kini masih terkendala pembebasan lahan. Di Weleri dan Kaliwungu, pada akhir April baru ada putusan pengadilan untuk membebaskan lahan di 14 titik.

“Waktunya sangat mepet. Jalan satu-satunya sampai Batang biar kemacetan bisa terurai,” tandasnya. (far)

Ini Menarik!

Golkar Restui Lima Paslon Bertarung di Pilkada Serentak 2018

Share this on WhatsAppSEMARANG – Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Partai Golkar mengeluarkan …

Silakan Berkomentar