Home > JATENG RAYA > METRO KEDU > Piye Jal, Pasokan Air PDAM Magelang Byar Pet!

Piye Jal, Pasokan Air PDAM Magelang Byar Pet!

image
Ilustrasi

MAGELANG– Pelayanan PDAM Kota Magelang dikeluhkan. Pasokan air kerap mati khususnya pagi hari. Pasokan air yang mampet ini terjadi di kawasan Cacaban Magelang Tengah.

“Kalau air bersih nggak mengalir, jadi susah mau masak, nyuci dan mandi. Padahal tarifnya terus naik. Ya, mudah-mudahan bisa lancar lagi, supaya bisa beraktivitas seperti biasa,” kata Endah, (49) warga setempat.

Kondisi ini, kata dia sudah terjadi cukup lama. Namun tetap saja tidak ada perbaikan.

Pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Magelang, menjelaskan mampetnya aliran air bersih karena kerusakan pipa. Sebab, rata-rata usia pipa besi sudah puluhan tahun dan berkarat.

“Kalau besi bekarat, lama-lama menyumbat aliran air. Sehingga airnya sering mampet,” kata Direktur PDAM Kota Magelang, Heri Wibowo.

Pihaknya juga sudah mengusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum untuk pengadaan pipa baru jenis PVC. Namun, perkiraan bantuan itu akan terealisasi tahun 2015 mendatang dengan anggaran Rp 2,1 miliar dengan total panjang pipa 26.580 meter.

Ia juga memastikan, saat musim kemarau nanti tidak ada penurunan debit air. Sebab, dari tujuh sumber air hingga saat ini bisa melayani 28 ribu pelanggan PDAM Kota Magelang. (MJ-14)

Ini Menarik!

Mustofa Menanti-Nanti Rekomendasi

Share this on WhatsApp    MAGELANG – Bupati Kudus, Musthofa masih  terus berikhtiar untuk bisa …

Silakan Berkomentar