Pilkada Magelang: Bupati Petahana Unggul

MAGELANG –  Pasangan Calon Nomor urut 1 dalam pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Magelang Tahun 2018, Zaenal Arifin-Edi Cahyana (PADI), masih unggul dalam perolehan  suara versi real account sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang, Kamis (28/6) malam.

Ilustrasi

Tercatat, dari data real account sementara KPU Kabupaten Magelang,  paslon PADI yang diusung oleh PDI Perjuangan, PKB, PAN, Demokrat dan PPPpada pukul 20.31  meraup 352.145 suara atau 55,37%.Sedangkan pasangan nomor urut 2, Zaenal Arifin-Rohadi (Zaroh) yang diusung koalisi Partai Gerindra, PKS, Golkar, Nasdem, dan Hanura, meraup 283.814 suara atau 44,63%. Perolehan suara ini berdasarkan real account sementara KPU Kabupaten Magelang 2.179 dari 2.629 TPS atau sekitar 89,77 persen. Total suara sementara yang masuk berjumlah 691.131 dengan surat suara sah 636.077 dan tidak sah 55.307.

Komisioner KPU Kabupaten Magelang Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Dwi Endis Hindarmoko, menjelaskan, jumlah pemilih di Kabupaten Magelang sendiri adalah sebanyak 991.325 pemilih yang tersebar di 2.629 TPS di 21 Kecamatan.

Data tersebut masih terus bergerak terlebih sudah banyak pengiriman hasil pemungutan suara ke KPU. “Kami masih terus mengentry data. Kami perkirakan perhitungan suara ini dapat selesai hari ini, Kamis (28/6). Masih ada sebagian kecamatan yang masih dihitung,” jelas Endis.

Endis menuturkan, input data penghitungan sempat terkendala beberapa menit karena adanya gangguan pemadaman listrik. Proses input tidak jalan, dan sambil menunggu pemasangan genset. “Tapi sudah menyala kembali ternyata,” ujar  Endis.

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifudin, menuturkan, proses penginputan rekapan data real account terus berjalan sesuai dengan tahapan. Afifudin mengakui bahwa sempat ada kendala teknis pemadaman listrik, namun sudah teratasi. Pihaknya sudah mengirim surat kepada PLN agar tidak ada jadwal pemadaman listrik. Meski dalam hal ini, KPU juga sudah menyiapkan ganset.

Afifudin mengemukakan, dalam entry data real account penghitungan suara, pihaknya telah menyediakan 14 unit PC dan laptop serta 16 scanner. Selain itu, sebanyak 40 personel KPU diterjunkan semua tanpa istirahat dengan sistem bergantian. “Terus terang segala tenaga dicurahkan. Beberapa personel juga kelelahan dalam mengentry data,” beber Afifudin.

KPU terus mengentry data hasil penghitungan real account, mengingat jadwal rekapiltulasi penghitungan suara ditingkat PPK dimulai sejak tanggal 28 Juni-3 Juli mendatang. Namun demikian, menurut Afifudin, pihaknya telah menjadwalkan penghitungan secara serentak mulai 29-30 Juni besok.

Terkait adanya kemungkinan sengketa hasil pemungutan suara, Afifudin menjelaskan, kemungkinan tersebut tetap ada. Afifudin memastikan, pihaknya sudah siap menghadapi adanya gugatan hasil penghitungan. Terlebih, menurut Afifudin, belum ada UU yang mengatur tentang perselisihan hasil. “Jika selisih suara kurang dari 3.000, maka akan menimbulkan perselisihan hasil,”ungkapnya.

Pihaknya sudah mempersiapkan sebanyak 105 personel yang sudah di bintek tentang tata cara penyelesaian sengketa hasil pilkada sebelum lebaran lalu. “Mereka diberi  bimbingan serta proses menghadapi sengketa hasil pilkada,” papar Afifudin.

Ia mengungkapkan, salah satu cara untuk mengoreksi kekeliruan yang ada pada dokumen proses penghitungan suara ditingkat bawah adalah rapat pleno di jenjang yang lebih tinggi. Dalam rapat pleno, menurut Afifudin juga akan ada sinkronisasi data hasil penghitungan suara antara KPU dengan kedua saksi paslon.Rapat pleno rencananya akan dilaksanakan pada 5 Juli.

Sementara, Kapolres Magelang, AKBP Hari Purnomo, melalui Kepala Bagian Operasional Polres Magelang, AKP Ngadisa, mengatakan, pihaknya menjaga ketat proses real count yang ada di KPU Kabupaten Magelang serta pengamanan proses penghitungan suara di tiap Kecamatan di PPK. Disebutkan, minimal ada ima personel berada di tiap Kecamatan, mengawal proses rekapitulasi suara dan pengamanan di tiap PPK. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

23 − = 18

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.