Home > JATENG RAYA > Pilgub 2018, Pendaftaran Parpol ke KPU Dibuka

Pilgub 2018, Pendaftaran Parpol ke KPU Dibuka

omisioner KPU Jateng, Muslim Aisha. (foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto)

SEMARANG – Mendekati pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal membuka pendaftaran bagi partai politik (parpol). Menurut Komisioner KPU Jateng, Muslim Aisha, pengumuman pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2019 akan dimulai 1-3 Oktober nanti.

“Syaratnya wajib punya kepengurusan di 100 provinsi, 75 kabupaten kota, dan 50 persen di kecamatan,” ungkap Muslim saat bertemu wartawan di kantor KPU Jateng, Jalan Veteran Semarang, Jumat (29/9).

Ia juga memberi syarat bagi parpol peserta Pilgub Jateng agar mempunyai pengurus perempuan di pusat sebesar 30 persen. “Untuk keterwakilan perempuan sebesar 30 persen itu harus wajib dimiliki tiap parpol,” tambahnya.

Syarat lain, tiap parpol memiliki minimal 1m000 anggota yang dibuktikan dengan KTA.

Setelah itu, ia menyatakan mulai 3-16 Oktober baru dilakukan penyerahan berkas kepada perwakilan KPU di Jakarta.

Sejauh ini sudah ada 17 parpol yang terdaftar di KPU pusat. Dari jumlah tersebut, 12 parpol di antaranya merupakan partai lama peserta Pilpres 2017 kemarin. Sedangkan empat sisanya parpol baru.

“Yang baru itu ya Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, Partai Berkarya, Partai Idaman, dan Perindo. Untuk Perindo belum tercatat di Kesbangpol tetapi sudah melapor kepada kami,” bebernya.

Pihaknya nanti akan memproses verifikasi faktual terkait pendaftaran parpol untuk peserta Pilgub. Semua unsur teknis akan dicek ulang, katanya. Mulai kepemilikan kantor, surat keterangan domisili kelurahan dan kecamatan, kroscek kepengurusan.

“Verifikasi parpol harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan detail karena berkaitan dengan proses demokrasi di Indonesia,” ujar Muslim. (far)

Ini Menarik!

Konduktor Asal Amerika Akan Ramaikan Konser Sumpah Pemuda

Share this on WhatsAppSEMARANG – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Kota Semarang melalui …

Silakan Berkomentar