Home > JATENG RAYA > Pilgub 2018, Muncul 5 Peminat Jalur Independen

Pilgub 2018, Muncul 5 Peminat Jalur Independen

Sosialisasi yang dilakukan KPU Jawa Tengah di Kendal. (foto: metrojateng.com/Ediprayitno)

KENDAL – Kendati belum dibuka pendaftaran untuk calon gubernur Jawa Tengah pada pemilihan gubernur 2018 mendatang, KPU Jawa Tengah telah menerima sinyal bakal ada calon independen yang muncul. Setidaknya ada lima orang calon perseorangan.

“Ada dua orang yang sudah ambil formulir, dari Jepara dan Karangayar. Sedangkan tiga lainya merupakan utusan, yang sebatas berkonsultasi tentang tahapan dan persyaratan calon  perseorangan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah,” ujar Divisi Teknis KPU Provinsi Jateng, Ikhwanudin saat memberikan sosialisasi tahapan dan persyaratan calon  perseorangan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, di Kendal,  Kamis (26/10) siang.

Pendaftaran untuk jalur perseorangan baru dibuka tanggal 22 hingga 26 November 2017. Salah satu syaratnya adalah menyertakan 1.781.606 dukungan yang dibuktikan dengan tanda tangan atau cap jempol serta E-KTP, atau surat keterangan dari Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil.

“Dukungan tersebut minimal dari 18 Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah, ” katanya. Setelah persyaratan diserahkan maka selanjutnya pihaknya akan memverifikasi baik administrasi maupun faktual.

Sosialisasi itu sendiri dilakukan agar masyarakat tahu dan paham bahwa calon kepala daerah bukan hanya diusung dari partai. Namun terbuka bagi semua masyarakat. Ketua KPU Kendal Wahidin Said mengatakan,  bisa saja masyarakat Kendal berpartisipasi sebagai kandidat karena pilgub dan cawagub 2018. Sebab, Kendal sebagai bagian dari Jawa Tengah dan pintu untuk berpartisipasi terbuka untuk masyarakat.

“Sejauh ini belum ada warga Kendal yang ingin daftar pilgup atau cawagub, baik sebatas konsultasi maupun lainnya, ” katanya. Dia berharap adanya sosialisasi ini agar masyarakat khususnya Kendal memahami proses penyelenggaraan dan mekanisme calon perseorangan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jateng 2018. (MJ-01)

Ini Menarik!

Borobudur Marathon, Sejumlah Jalan Disterilkan

Share this on WhatsAppMAGELANG – Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 yang digelar Minggu (19/11), …

Silakan Berkomentar