Beranda JATENG RAYA METRO SEMARANG Pesepeda Mancanegara Ramaikan Ajang Semar Lali Ngonthel 2018

Pesepeda Mancanegara Ramaikan Ajang Semar Lali Ngonthel 2018

10
0
BERBAGI

SEMARANG – Ribuan pesepeda dari sejumlah daerah di Indonesia terlibat dalam kegiatan salah satu pesta bersepeda terbesar di Jawa Tengah, Semar Lali Ngonthel 2018. Mengambil rute Semarang – Grobogan – Salatiga – Boyolali, para bikers disugukan keindahan sisi lain di Jawa Tengah.

Pesepeda mancanegara ikut meramaikan ajang Semar Lali Ngonthel 2018. Foto: istimewa

Kecantikan pemandangan lima gunung, yakni Gunung Ungaran, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Gunung Merapi terlihat jelas mengawal kegiatan yang digelar Sabtu (12/5) tersebut. Sepanjang perjalanan peserta juga disuguhi rute pedesaan, hutan jati hingga perbukitan yang cantik. Start sendiri diawali di Jalan Pemuda Semarang dan berakhir di Kantor Sekda Boyolali.

Selain peserta dari sejumlah daerah di Indonesia, belasan peserta dari mancanegara juga turut meramaikan Semar Lali Ngonthel.

Salah satu peserta asal Jepang, Takashi Sezaki bahkan terkejut mengetahui Jawa Tengah mempunyai jalur yang indah di sisi timur. “Baru pertama lewat jalan ini. Ternyata pemandangannya bagus sekali. Saya senang,” ungkap Taka di garis finish.

Tak hanya Taka, peserta asal Jerman, Belgia, Inggris dan Australia juga mengaku kagum dengan pemandangan sepanjang rute.

Sementara itu, Koordinator kegiatan, Hendra Dharmanto mengatakan Semar Lali Ngonthel 2018 merupakan pesta bersepeda terbesar setelah Tour de Borobudur yang digagas Komunitas Samba dan Bank Jateng. Kegiatan tersebut fokus mengeksplorasi sisi lain Jawa Tengah dengan bersepeda.

Menurutnya, Semar Lali Ngonthel 2018 baru pertama kali digelar. Meski demikian minat para pecinta sepeda untuk kegiatan tersebut cukup besar. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah peserta yang mencapai ribuan.

“Ini jalur baru. Kegiatan ini memang fokus eksplor jalur sepeda baru di Jawa Tengah. Ada peserta asing. Total lebih dari seribu peserta,” kata Hendra.

Dijelaskannya, Semar Lali Ngonthel juga bertepatan dengan kegiatan Volcano Rock Festival di Boyolali yang menghadirkan band legendaris Europe.

Selain berhadiah lima unit motor, para peserta juga berkesempatan memperoleh tiket gratis menonton Europe.

Hendra berharap, kegiatan Semar Lali Ngonthel bisa rutin digelar tiap tahun, sekaligus memperkenalkan keindahan Jawa Tengah di mata dunia. “Harapannya ke depan peserta asing lebih banyak. Jadi bisa tambah mempromosikan Jawa Tengah,” Tandas Hendra. (far)