Pertunjukan Seni dan Doa Bareng, Cara Nelayan Jepara Peringati Hari Lahir Pancasila 

JEPARA – Masyarakat nelayan di Desa Ujungbatu, Kecamatan Jepara Kota memiliki cara unik dalam memperingati Hari Lahir Pancasila. Mereka berkumpul di pantai menggelar doa bersama dan pentas seni. Selain melestarikan budaya leluhur, kegiatan tersebut juga untuk memperingati Nuzulul Qur’an.
Peringatan Hari Lahir Pancasila oleh para nelayan Jepara. (foto: metrojateng/MJ-232
Jumat (01/06/2018) kegiatan diawali dengan pentas seni teatrikal, dilanjutkan dengan musik tongtek dan tari kreasi. Rangkaian itu dipungkasi dengan doa bareng.
Menurut Ketua Panitia Donga Bareng, Abdul Karim kegiatan berdoa bersama ini dalam rangka membangun karakter masyarakat Desa Ujungbatu agar tetap melestarikan budaya luhur yang sudah lama ada. Ia menganggap “donga bareng ngupaya tenteram” merupakan upaya yang didasari kebersamaan dan gotong royong demi menjaga kerukunan.
“Tekad kami mengajak masyarakat secara bersama-sama menata desa karena masih banyak persoalan yang perlu ditata dan dibenahi di Desa Ujungbatu ini,” ujarnya, Sabtu (02/06/2018)
Dalam rangka membangun kebersamaan dan kesadaran menjaga lingkungan, maka masyarakat desa setempat juga diajak melakukan bersih-bersih pantai dari tumpukan sampah.
“Mari bersama-sama menjaga kelestarian alam sehingga sumber daya alam yang ada akan dirasakan masyarakat Ujungbatu secara berkelanjutan, terutama yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan,” paparnya.
Dalam rangka menggugah kesadaran masyarakat set empat, panitia juga menggelar jagong pesisir dan menyediakan objek wisata malam bertema tangga langit dan menyediakan lapak baca untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat setempat.
Camat Jepara Suhendro menyambut positif kegiatan Ramadhan pesisir yang digagas masyarakat desa setempat. “Masyarakat Desa Ujungbatu merupakan yang paling inovatif, sehingga perlu didorong untuk terus berkembang,” ujarnya.
Ketua Karangtaruna Kabupaten Jepara Edi Erianto menyatakan siap mendukung warga Desa Ujungbatu, khususnya karangtaruna yang memiliki ide-ide kreatif dalam membangun masyarakat setempat agar lebih maju dan berkembang.
“Karena saya juga duduk di dewan, kami juga siap mendukung dari sisi fasilitasi penganggaran untuk mendukung pengembangan desa setempat,” pungkasnya.(MJ-23)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.