Beranda JATENG RAYA EKONOMI BISNIS Pertumbuhan Sektor Usaha Dongkrak Kembali Penjualan Grand Max Pick Up

Pertumbuhan Sektor Usaha Dongkrak Kembali Penjualan Grand Max Pick Up

188
0
gran max pick up
Ilustrasi

SEMARANG – Pembangunan infrastruktur mendorong pertumbuhan sektor usaha lain. Hal itu berdampak pada penjualan Daihatsu Gran Max Pick Up di awal 2018 ini.

Sejauh ini penjualan Gran Max Pick Up selalu berkontribusi besar terhadap penjualan Daihatsu. Akan tetapi, beberapa tahun ini penjualan justru mengalami penurunan.

“Itu terjadi dua tahun belakangan yakni di 2016 dan 2017. Biasanya kontribusinya bisa mencapai 30% tapi dua tahun itu turun,” ungkap Kepala Wilayah Astra Daihatsu Jateng DIY, David Gunawan, Selasa (13/3).

Namun, lanjut dia, awal tahun ini kontribusi penjualan Gran Max Pick Up sudah mulai naik. Berdasarkan data penjualan Gran Max Pick Up bulan Januari-Februari, kontribusinya 27,5% atau terjual 837 unit.

“Kenaikan ini tidak lepas dari pertumbuhan sektor usaha yang lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Apalagi, proyek infrastruktur juga mulai berjalan sehingga berdampak pada sektor usaha yang berhubungan,” tutur David.

Peningkatan penjualan mobil angkut muat itu juga perlu didukung oleh lembaga pembiayaan. “Sebab, umumnya tujuan membeli Gran Max Pick Up tentu untuk usaha, apalagi bagi sektor UMKM dan perdagangan,” imbuhnya.

Sementara itu, penjualan Daihatsu secara keseluruhan juga mengalami peningkatan pada tahun ini. Penjualan tumbuh 19,2% pada bulan Januari-Februari 2018 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. “Tahun lalu penjualan kami di angka 2.547 unit, tapi tahun ini naik 490 unit menjadi 3.037 unit,” kata David.

Kenaikan penjualan ini tidak lepas bahwa produk daihatsu makin diterima baik oleh masyarakat baik dari sisi kualitas produk, pelayanan, program promo dan purna jualnya. Khusus purna jual, bengkel dan layanan mobil Daihatsu telah hadir di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DIY. (ang)