Beranda JATENG RAYA METRO PANTURA Pertanian Tembakau di Demak Cukup Produktif

Pertanian Tembakau di Demak Cukup Produktif

25
0

DEMAK – Kabupaten Demak bukan hanya penghasil padi dan palawija. Bahkan tembakau juga menjadi komoditi pertanian yang cukup produktif.

Pertanian tembakau di Kabupaten Demak dinilai sangat produktif. Foto: metrojateng.com

Pada tahun 2017, dari 2.371 hektar luas tanam tembakau di Kabupaten Demak mampu menghasilkan 2.075 ton tembakau. Selain itu, menyumbang dana alokasi cukai Rp 14 miliar di tahun 2018.

Kepala dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Wibowo menjelaskan, pada tahun 2017, dari 2.371 hektar luas tanam tembakau di Kabupaten Demak mampu menghasilkan 2.075 ton tembakau.

“Harapannya di tahun 2018 ini kita mampu meningkatkan hasil panen, mengingat di tahun ini luas tanam tembakau menjadi 2.478 hektar”, katanya, Rabu (9/5)

Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Pemerintah Kabupaten Demak, Dwi heru Asyanto mengatakan bahwa sektor pertanian perlu terus dikembangkan guna percepatan pembangunan perekonomian di Kabupaten Demak. Pihaknya juga menegaskan terus berpihak kepada kepentingan petani tembakau.

“Dukungan kami terhadap petani tembakau berdasar adanya Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pengelolaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang dialokasikan ke daerah digunakan untuk mendanai berbagai kegiatan,” pungkas dia. (MJ-23)