Beranda JATENG RAYA EKONOMI BISNIS Pertamina Dukung Hukuman bagi Pelaku Pengoplosan Elpiji

Pertamina Dukung Hukuman bagi Pelaku Pengoplosan Elpiji

122
0
BERBAGI

SEMARANG – PT Pertamina Marketing Operation Region IV Jawa Tengah-DIY mendukung upaya yang dilakukan Kepolisian khususnya Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berhasil mengungkapkan praktik pengoplosan LPG atau pemindahan gas dari tabung ukuran 3 kg ke tabung ukuran 12 kg di Kabupaten Jepara, (14/2).

Ratusan tabung gas elpiji bersubsidi disita Direktorat Reskrim Khusus Polda Jateng dari Jepara. Foto: metrojateng.com/efendi

Unit Manager Communication & CSR MOR IV, Andar Titi Lestari mengatakan, pihaknya mendukung penindakan hukum kepada para pelaku pengoplosan yang telah merugikan masyarakat dan negara. Ditinjau dari aspek keselamatan, tindakan pengoplosan juga berbahaya bagi pelaku yang melakukan pengoplosan dan bagi pengguna LPG yang telah dioplos karena pengisian yang tidak sesuai standard pengisian LPG Pertamina.

“LPG 3 kg merupakan barang bersubsidi yang diperuntukkan bagi kalangan kurang mampu dan usaha kecil. Ratusan tabung LPG 3 kg yang telah digunakan pelaku dalam praktik pengoplosan jelas menimbulkan kerugian bagi negara dan membuat masyarakat tidak mampu yang seharusnya menggunakan tabung tersebut menjadi kesulitan mendapatkannya,” kata Andar.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pertamina mengimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan jika menemukan adanya tindakan yang dicurigai sebagai penyalahgunaan di sekitarnya. Laporan bisa disampaikan ke pihak kepolisian terdekat untuk mendapat penanganan sesuai prosedur.

“Dukungan masyarakat yang mewaspadai lingkungan sekitarnya tentu sangat membantu kepolisian dalam menindak para pelaku penyalahgunaan LPG seperti ini. Sekali lagi, pengoplosan sangat berbahaya baik bagi para pelaku maupun masyarakat umum sebagai pengguna selanjutnya,” tandasnya. (ang)