Home > KRIMINAL & HUKUM > Perkara Korupsi Taman Sriwedari Solo Masuk Pengadilan

Perkara Korupsi Taman Sriwedari Solo Masuk Pengadilan

ilustrasi
ilustrasi

SEMARANG — Panitera Muda pada Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, Heru Sungkowo, mengatakan berkas perkara dugaan korupsi pembangunan pagar dan gapura Taman Sriwedari tahun 2008 senilai sekitar Rp 1 miliar sudah masuk meja kepaniteraan Pengadilan Tipikor Semarang. Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Surakarta melimpahkannya hari Kamis (28/8) lalu.

“Sudah kami terima berkasnya,” kata Heru Sungkowo, Selasa (2/9/2014).

Ada satu tersangka dalam kasus ini, yakni Budi Yoga Butsono (38), Direktur PT Beringin Jaya, selaku pelaksana proyek pembangunan. Berdasarkan hasil audit pihak swasta, kerugian negara sebesar Rp 61 juta.

Korupsi diduga terjadi atas penyimpangan anggaran pada volume pembangunan pagar dan gapura Sriwedari. Berdasar perhitungan, dana yang dihabiskan untuk pembangunan, tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB). Pembangunan pagar dan gapura yang dianggarkan melalui dana APBD 2008.

Kasus ini mulai diperiksa Kejari Surakarta sejak akhir 2012. Saat ini keterlibatan pihak lain masih diteliti. Termasuk jika ditemukan ada keterlibatan dari dinas terkait seperti Dinas Tata Ruang Kota Surakarta. (MJ-09)

Ini Menarik!

Pembangunan Proyek Vital Bandara Diprioritaskan

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pengembangan Bandara Ahmad Yani Semarang khususnya pada proyek bangunan …

Silakan Berkomentar