Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Peringati Lahirnya Keraton Surakarta dengan Jenang Suran

Peringati Lahirnya Keraton Surakarta dengan Jenang Suran

Prosesi Jenang Suran di Keraton Surakarta. Foto Metrojateng/Raditya
Prosesi Jenang Suran di Keraton Surakarta. Foto Metrojateng/Raditya

SOLO – Keraton Kasunanan Surakarta mengadakan kegiatan Tahlilan Wilujengan, Senin (10/11) di Sasana Handrowino kawasan Keraton Surakarta. Ajang ini merupakan peringatan berdirinya Keraton Surakarta, atau usai pindah dari Kartasura menuju Surakarta.

Dalam kegiatan ini dipimpin langsung oleh KGPH Puger. Selain mengadakan doa bersama, kegiatan ini juga membagikan jenang Suran. Dimana jenang tersebut terbuat dari beras yang merupakan simbol bahwa manusia harus seorang mahkluk lemah di hadapan Allah.

“Semua hasil bumi juga kami doakan. Memang kegiatan ini internal, kami berharap Keraton Surakarta selalu diterima, baik masyarakat Indonesia maupun Internasional,” jelas Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta, KP Winarnokusumo.

Pria yang akrab disapa Kanjeng Win ini juga mengatakan bahwa letak Keraton Surakarta di antara empat penjuru. Yakni di timur Kanjeng Suna Lawu, sebelah selatan Kanjeng Ratu Kencana Sari, sebelah barat Kanjeng Ratu Sekar Kedaton dan di sebelah utara Kanjeng Ratu Batali Kolo Yuwati.

“Banyak orang yang menyebutnya dengan Kiblat Papat. Keraton Surakarta memiliki peran penting dalam berdirinya NKRI, oleh sebab itu kami berharap pemerintah untuk memperhatikan keraton Surakarta,” ujarnya. (dit)

 

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

SEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat pesanan sewa puluhan …

Silakan Berkomentar