Home > Uncategorized > Perantau Makin Kaya, Pemudik Bermobil dan Pesawat Naik

Perantau Makin Kaya, Pemudik Bermobil dan Pesawat Naik

image

SEMARANG – Melihat catatan jumlah pemudik antarmoda menimbulkan dugaan para perantau kini mengalami peningkatan taraf ekonomi. Betapa tidak. Di saat pemudik bersepeda motor turun jumlahnya, pengguna mobil pribadi dan pesawat udara justru naik signifikan.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan, jumlah pemudik bersepeda motor turun hingga 10 persen. Mereka diduga beralih ke moda transportasi lain. Sebab pengguna mobil pribadi tercatat naik 7,5 persen dan pesawat naik 11 persen.

Menurut Bambang, fenomena ini menarik dianalisis lebih lanjut. Penting untuk diketahui apakah hal ini disebabkan kesadaran pemudik untuk menggunakan sepeda motor meningkat atau karena memang terjadi pertumbuhan ekonomi. Jika tingkat ekonomi para perantau meningkat, maka menjadi wajar jika penggunaan mobil pribadi dan pesawat meningkat.

Meski peningkatan juga terlihat pada moda transportasi kereta api sebesar 17 persen. Namun menurut Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang Suprapto, untuk kenaikan penumpang kereta, diperkirakan karena banyak pemudik menghindari macet di Jembatan Comal.

Angkutan kereta api yang berangkat dari tanggal 18 Juli hingga 1 Agustus 2014 meningkat mencapai167 persen dibandingkan periode sama pada tahun lalu. Jumlah penumpang kereta mencapai 228.565 orang, sedangkan tahun 2013 lalu hanya 137.128 penumpang. “Amblesnya Jembatan Comal menyebabkan banyak pemudik beralih ke kereta,” katanya.(MS-08)

Ini Menarik!

PKL Resmi di Semarang Akan Diberikan Kartu Anggota

Share this on WhatsApp SEMARANG – DPRD Kota Semarang sedang berusaha membuat peraturan yang mengatur …

Silakan Berkomentar