Perangkat Desa Dilatih Tangani DBD

?

KENDAL – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kendal  masih tinggi, bahkan penyebaran penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti ini tidak mengenal musim. Upaya pencegahan terus dilakukan termasuk memberikan pembekalan kepada perangkat desa agar bisa menangani dan mencegah penyebaran deman berdarah ini.

Dari data di Rumah Sakit Baitul Hikmah Pucangrejo Gemuk Kendal, jumlah pasien demam berdarah sejak Januari hingga Oktober mencapai 195 kasus dengan dua orang meninggal dunia. Jumlah ini cukup tinggi karena hampir semua desa di kabupaten Kendal merupakan desa endemis dan masih kurangnya pengetahuan tentang demam berdarah dengue bagi masyarakat.

Selain itu belum semua kasus bisa ditangani dengan baik, sehingga perlu peran semua pihak terutama petugas di setiap desa. Pemilik RS Baitul Hikmah dr Siti Qomariah mengatakan, angka penderita demam berdarah di rumah sakit ini ada peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

“Banyak warga yang kurang paham tentang penanganan demam berdarah sehingga, saat dibawa ke rumah sakit sudah dalam keadaan parah,” katanya saat memberikan penyuluhan kepada 90 perangkat desa se-eks kawedanan Weleri Selasa (22/11) siang di aula setempat.

Ditambahkan, penyuluhan dari petugas kesehatan terkadang kurang bisa menyentuh seluruh kalangan, untuk itulah perlu peran dari petugas yang ada di setiap desa.

“Upaya pencegahan dan menekan angka penderita demam berdarah, sembilan puluh perangkat desa diberi pelatihan dan penyuluhan tentang penanganan demam berdarah,” imbuhnya.

Perangkat desa menurut Siti Qomariah merupakan orang terdekat dan memiliki posisi strategis yang dipercaya masyarakat sekitar. “Diharapkan dengan pelatihan ini perangkat desa mampu menyuluh penyakit deman berdarah sehingga angka kesakitan dan kematian akibat demam berdarah turun,” jelasnya.

Selain itu bisa meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam penanggulangan penyakit demam berdarah, yang terpenting dalam penanganan penyakit ini harus mendapatkan pertolongan di tempat yang tepat oleh petugas yang tepat dan dengan cara yang tepat. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 2 = 8

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.