Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Peran Komite Sekolah Belum Efektif

Peran Komite Sekolah Belum Efektif

Pembentukan Forum Komite Sekolah Solo, Rabu (26/11). Foto Metrojateng/Raditya
Pembentukan Forum Komite Sekolah Solo, Rabu (26/11). Foto Metrojateng/Raditya

SOLO – Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh Yayasan Satu Karya Karsa (YSKK) dan GEMA PENA di delapan provinsi pada akhir tahun 2013 hingga tahun 2014 menemukan fakta bahwa peran dan fungsi komite sekolah belum berjalan secara efektif. Tak hanya itu saja hasil penelitian yang dilansir oleh Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah pada tahun 2009, menyatakan bahwa 50 persen dewan pendidikan dan komite sekolah belum berfungsi dengan baik.

Saat ini, YSKK mulai membentuk komite sekolah di tiga kabupaten/kota. “Ada tiga provinsi yang saat ini kami bentuk forum, ketiga provinsi tersebut yakni Gunungkidul, Surakarta dan Kota Bandar Lampung,” kata Joko Riyanto, Ketua Dewan Pendidikan Kota Solo (DPKS) saat pembentukan forum komite di Lampion Hotel Solo, Rabu (26/11) siang.

Jika peran komite bisa berjalan dengan baik, lanjutnya, jelas hasil yang tercapai bukan hanya untuk mengantarkan siswa didik selesai sampai bangku sekolah saja. Melainkan juga mampu menciptakan seorang manusia yang cerdas dan memiliki budi pengerti luhur.

Sementara, Direktur YSKK Suroto membeberkan, berdasarkan penelitian yang pihaknya lakukan pada Mei 2014 menyebutkan bahwa 62 persen komposisi keanggotaan komite sekolah yakni seorang guru. Sehingga kurangnya fungsi kontrol terhadap komite tersebut. Selain itu kebanyakan pula guru yang menjabat sebagai komite sekolah lebih dari dua periode.

“Inilah yang menjadi pekerjaan rumah kita, di mana peran orangtua siswa harus dilibatkan. Jika terus menerus hanya guru yang menjadi komite, jelas proses controling ke depan tak akan pernah ada,” tandasnya. (dit)

 

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar