Home > JATENG RAYA > Penyelenggara Pilkada Jepara Diminta Netral

Penyelenggara Pilkada Jepara Diminta Netral

JEPARA – Sepekan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jepara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara mengadakan konsolidasi dan Pemantapan Penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara. Kegiatan ini dihadiri seluruh lapisan penyelenggara Pilkada Jepara. Sebanyak 13.000 orang penyelenggara terdiri dari PPL, PPS, dan KPPS.

Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri menyampaikan, penyelenggara harus netral, adil, cermat,  dan profesional. Pasalnya, sebelumnya semua unsur penyelenggara tersebut sudah diberi Bimbingan Teknis. Baik berupa teori maupun praktek langsung. Bimtek dilakukan ditingkat kabupaten yang melibatkan PPK dan bintek di tingkat kecamatan yang melibatkan KPPS.  

“Kami betul-berharap penyelenggara betul-betul mencermati supaya dalam melaksanakan tugas bisa profesional. Kami tidak berharap penyelenggara tidak jujur dalam menyelenggarakan Pilkada,” ujar Haidar usai konsolidasi dan pemantapan sore ini, Selasa 7 Februari 2017.

Haidar menambahkan, berkait dengan kesiapan logistik Pilkada, sampai hari ini masih dalam proses pengemasan. Distribusi surat suara akan dilakukan selama dua hari, mulai Jumat 10 Februari 2017. Setelah surat didistribusikan, Haidar meminta kepala penyelenggara agar ikut serta mengamankan surat suara tersebut. Disamping, pengamanan juga dilakukab oleh petugas kepolisian.  

Sementara itu, Plt Bupati Jepara Ihwan Sudrajat mengingatkan bahwa setiap pelaksanaan Pilakada banyak kejadian yang mungkin tidak diinginkan.  Ini juga perlu diperhatikan secara serius.  

“Saat ini Pilkada terlihat aman. Tapi yang terlihat aman itulah yang harus diwaspadai. Pemkab Jepara sudah mengalokasikan anggaran untuk Pilkada. Maka kalau Pilkadanya tersendat-sendat nanti jangan pemkab yang disalahkan. Tapi tanyakanlah langsun pada penyelenggaranya (KPU, Red),”  ujar Ihwan. 

Karena anggaran Pilkada yang digelontor pemkab cukup besar, Ihwan menandaskan, partisipasi pemilih juga harus ditingkatan. Keberhasilan ini tergantung penyelenggara Pilkada.  

“ncinya ada pada kaliab semua. Teruslah sosialisasikan pelalsanaan Pilkada kepada masyarakat,” pungkas Ihwan. (oby)

Ini Menarik!

Motorola Beri Harga Khusus Akhir Tahun

Share this on WhatsApp SEMARANG – Di penghujung tahun 2017, Motorola Indonesia menggelar promo bertajuk …

Silakan Berkomentar