Penundaan Rekomendasi Langgar Peraturan Bupati

Sjeumlah orang yang telah mengikuti tes seleksi perangkat desa menantikan rekomendasi. (foto: metrojateng.com/Edi Prayitno)

 

 

KENDAL – Penundaan pemberian rekomendasi oleh camat kepada calon perangkat desa yang meraih nilai tertinggi  dinilai melanggar Perbup Nomor 51 Tahun 2017. Hal itu dikatakan oleh wakil Ketua DPRD Kendal, Sakdullah.

Dalam Perbup Nomor 51 Tahun 2017, Pasal 28 ayat (1)  menyebutkan camat harus memberikan rekomendasi tertulis terhadap calon perangkat desa paling lambat tujuh hari sejak diterima keputusan kepala desa tentang penetapan calon perangkat desa. Penetapan calon perangkat desa itu sendiri diatur  dalam Pasal 26  ayat (1).

Pasal 28 ayat (2) menyatakan, apabila dalam tujuh hari camat tidak memberikan rekomendasi  sebagaimana dimaksud ayat (1), maka dianggap menyetujui keputusan kepala desa dimaksud. ‘’Lahirnya surat  bupati Nomor 140/3257/2017 tanggal 22/12/2017 perihal Penundaan Pemberian Rekomendasi, saya anggap  sebagai sebuah intervensi kepala daerah,’’ kata Sakdullah.

Sakdullah mengatakan, seharusnya Bupati Kendal tidak perlu mengeluarkan surat penundaan rekomendasi. Jalannya seleksi calon perangkat desa yang dilaksanakan secara serentak pada Minggu (17/12) dan mendekati tahapan  pelantikan berjalan dengan baik. Jika lalu muncul surat meminta para camat untuk menunda memberikan  rekomendasi, hal tersebut jelas bertentangan dengan perbup yang dibuatnya sendiri. ‘’Saya meminta camat untuk  mempertimbangkan surat tersebut dan tetap mengacu pada Perbup Nomor 51 Tahun 2017,’’ tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kendal, Yusuf Darmawan, menyatakan, Bupati  Kendal tidak bisa serta merta menerbitkan surat edaran penundaan pemberian rekomendasi. Sebab, hal itu tidak  menyelesaikan masalah, tetapi justru menimbulkan persoalan baru.

‘’Bagi desa yang tidak bermasalah, pemberian  rekomendasi tetap berjalan sesuai dengan aturan yang telah dibuat. Sementara desa yang dinilai muncul persoalan  rekomendasi bisa ditunda sampai permasalahan diselesaikan,’’ jelas dia. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 2 = 4

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.