Beranda JATENG RAYA METRO SOLO Penukaran Uang Baru di Solo Diserbu Warga

Penukaran Uang Baru di Solo Diserbu Warga

23
0
BERBAGI

SOLO – Penukaran uang baru pada hari pertama, Selasa (5/6), Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) cabang Solo menggandeng 13 perbankan serta pengadaian diserbu warga.

Penukaran uang baru di Benteng Vastenberg Solo, Selasa (5/6). Foto: metrojateng.com

Penukaran uang bersama ini diadakan di Benteng Vastenburg Solo selama tiga hari, dari tanggal 5 Juni hingga 7 Juni 2018. Bank Indonesia Cabang Solo menyiapkan Rp 12 miliar.

Penukaran uang pertama ini juga dihadiri oleh Wali Kota Solo, F.X Hadi Rudyatmo. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini Wali Kota Rudi membagikan permaianan tradisional “otok-otok” yang terbuat dari bambu. Pembukaan penukaran hari pertama ditandai dengan dibunyikannya “otok-otok” oleh para pejabat pemkot serta para penukar uang.

Yanuarita (24) salah satu penukar uang yang rela antre dari subuh untuk mendapatkan nomor urut pertama. “Tadi antre dari jam enam, sudah banyak yang datang juga,” ujarnya.

Bank Indonesia Solo menyiapkan Rp 5,034 triliun untuk kebutuhan penukaran uang pecahan baru selama Ramadan hingga Lebaran 2018. Jumlah tersebut dinilai mencukupi untuk masyarakat Solo dan sekitarnya. Proyeksi tersebut berdasarkan realisasi tahun sebelumnya yang mencapai Rp 4,84 triliun atau naik 9,09 persen. (MJ-25)