Pengelolaan Balkondes Borobudur Perlu Terus Dipacu

MAGELANG – Untuk membangun kawasan sekitar candi Borobudur terutama Balai Ekonomi Desa (Balkondes), antara potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia tidak bisa dipisahkan. Namun prioritas yang harus ditingkatkan kemampuan mengelola adalah sumber daya manusia, dalam hal ini warga setempat.

Para pemateri dan peserta di sela-sela kegiatan “Training Success Mindset of Great People” di Balkondes Ngadiharjo, Borobudur Kabupaten Magelang. Foto: ch kurniawati

“Jangan sampai warga hanya menjadi penonton, namun bagaimana semua warga terlibat dan bisa menangkap impact menjadi positif. Karena universitas kan pengabdian ke masyarakat tentu ingin mendekatkan mereka  kepada sumber daya alam yang dimiliki,” demikian disampaikan sekretaris Universitas Pertamina, Ir Sugiyarto di sela-sela kegiatan “Training Success Mindset of Great People” di Balkondes Ngadiharjo Borobudur Kabupaten Magelang, Sabtu (5/5).

Kegiatan yang diadakan PT Patra Jasa selama dua hari, 4-5 Mei 2018 ini, diikuti 80 peserta terdiri dari para kepala desa, BumDes serta pengelola 20 Balkondes dan homestay di kawasan Borobudur.

Sugiarto menambahkan, meskipun zaman sekarang pengaruh  tehnologi sedang masuk, namun masyarakat tetap harus enjoy. Jangan sampai kemajuan jaman kemudian menggerus mereka. “Jangan seperti orang Betawi yang dengan kemajuan Jakarta malah mereka minggir-minggir terus. Tanda petiknya kan begitu. Jadi masyarakat tetap terus dilibatkan agar mereka menyatu dengan alam,” paparnya.

Terkait dengan materi yang disampaikan agar bisa diterima oleh audien yang notabene adalah warga setempat, Sugiarto menyampaikan bahwa yang ia fokuskan adalah apa yang sebenarnya diinginkan oleh masyarakat. Oleh sebab itu, yang diambil adalah data-data potensi alam, infrasruktur dan sebagainya.

“Kemudian di ‘klop’ kan  antara potensi sumber daya manusianya dengan potensi sumber daya alam agar menyatu.Misal berapa jumlah petani, perajin dan semacamnya,” terang Sugiarto.

Ia berharap, impact dari balkondes atau wisata Borobudur akan dirasakan masyarakat secara signifikan. “Jangan sampai masyarakat tidak menikmati hasil. Mudah-mudahan percontohan di Borobudur bisa diimplementasikan ke daerah lain, seperti misal ke pulau Seribu,” harap Sugiarto.

Benny Ishanda, PTH Direktur Utama PT Patra Jasa menambahkan, training ini diselenggarakan untuk menumbuhkan optimisme warga desa dan jiwa marketing mereka dalam mengelola Balkondes dan homestay. “Upaya ini merupakan bagian dari milestone yang sudah kita siapkan untuk pengembangan balkondes, dimana nanti kami akan terus memberikan pelatihan-pelatihan terutama dalam pengelolaan homestay dengan standarisasi yang lebih disempurnakan,” ungkapnya.

Camat Borobudur, Nanda Cahyadi Pribadi menyampaikan, dirinya sangat mengapresiasi dukungan BUMN dengan pengembangan Balkondes di Borobudur. “Melihat semangat BUMN dan warga yang cukup tinggi, saya optimistis dalam waktu dekat balkondes akan maju menjadi etalase desa yang akan menunjang perekonomian masyarakat Borobudur. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

4 + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.