Home > GUBERNURAN > Pengamat: Jateng Tanpa Lubang Bagus Kalau Konsisten

Pengamat: Jateng Tanpa Lubang Bagus Kalau Konsisten

Perbaikan jalan ruas Bumiayu-Salem yang dikerjakan Dinas Bina Marga Jateng baru-baru ini. Foto: metrojateng.com/dok
Perbaikan jalan ruas Bumiayu-Salem yang dikerjakan Dinas Bina Marga Jateng baru-baru ini. Foto: metrojateng.com/dok

SEMARANG – Program Jawa Tengah (Jateng) tanpa lubang (JTL) yang dicanangkan Gubernur Ganjar Pranowo mendapat reaksi beragam dari beragam kalangan. Setelah pro kontra dilayangkan DPRD Jateng, kalangan akademisi mengkritisi program ini.

Pakar Teknik Sipil Universitas Diponegoro Bambang Riyanto menilai respon cepat gubernur atas kerusakan jalan di Jateng sebagai kebijakan yang patut diapresiasi. Sebab masyarakat memang membutuhkan jalan yang bagus untuk kelancaran transportasi. Respon cepat itu juga membuktikan pemerintah tidak ongkag-ongkang kaki melihat buruknya infrastruktur.

“Kalau itu bisa dipertahankan ya baik, kalau tiap kali ada lubang tidak dibiarkan lama dan selalu ditutup itu suatu hal yang baik,” katanya, dihubungi metrojateng.com, Minggu (18/1).

Sekarang yang layak ditunggu adalah konsistensi pelaksanaannya. Sebab akan percuma jika respon cepat itu hanya berlangsung saat ini saja. Selain itu, Jateng tanpa lubang juga harus diikuti pembenahan menyeluruh yang lebih terprogram. Pembenahan infrastruktur 2015 harus didahului evaluasi pekerjaan selama ini.

Sebab jika jalan selalu rusak dalam tempo cepat, berarti ada yang salah dalam pengerjaannya. “Drainasenya baik tidak, material dan kualitas pekerjaannya bagus tidak. Prinsip jalan itu air tidak boleh menggenang, harus selalu keluar jadi jalan tidak cepat rusak,” jelasnya.

Dengan kualitas jalan yang baik, harapannya program Jateng tanpa lubang tidak dilaksanakan setiap tahun. Sebab jalan-jalan di Jateng sudah bagus dan kuat untuk bertahun-tahun. “Kalau tutup lubang terus sepanjang tahun dan tahun depan begitu terus ya itu tetap masalah,” tegasnya.(byo)

Ini Menarik!

Borobudur Marathon, Sejumlah Jalan Disterilkan

Share this on WhatsAppMAGELANG – Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 yang digelar Minggu (19/11), …

Silakan Berkomentar