Home > JATENG RAYA > METRO KEDU > Peneliti Asing Teliti Dampak Letusan Gunung Merapi

Peneliti Asing Teliti Dampak Letusan Gunung Merapi

image
Ilustrasi. Foto Metrojateng/dok alam maya

MUNGKID– Banjir lahar dingin Gunung Merapi membuat peserta koneverensi internasional kegunungapian tertarik melakukan penelitian. Beberapa di antara mereka membawa batu dan pasir hasil erupsi 2010 itu.
     
Tios Manuel, peserta asal Spanyol bahkan membawa beberapa bongkahan batu kecil dari sungai Putih. Dia mengambil beberapa batu berwarna yang berwarna kuning kecoklatan. Batuan kecil itu kemudian dibungkusnya dengan plastik.

“Saya sangat tertarik dengan tempat ini. Kalau batuan ini mau saya bawa untuk keluarga saya di Spanyol,” paparnya saat meninjau kawasan Gempol Desa Jumoyo Kecamatan Salam. Dia bersama 449 peserta dari 38 negara melakukan peninjauan langsung lokasi yang terkena dampak paling parah lahar dingin itu. 
   
Guilhem A. Douillet, peserta lain menjelaskan, kedatangannya ke kawasan Gempol untuk melihat dampak langsung dari banjir lahar Gunung Merapi. Dia juga sempat meneliti beberapa batuan dan pasir yang merupakan bekas material banjir lahar di Sungai Putih.

“Dari hal ini, saya dan beberapa teman lain melakukan identifikasi dan menuliskan catatan terkait dampak banjir lahar hujan ini. Namun, tidak untuk penelitian di Indonesia,” kata peserta berkebangsaan Perancis yang bekerja di Jerman ini.

Dia mengatakan, sangat ingin tahu dampak lahar gunung Merapi terhadap beberapa wilayah di bantaran sungai yang berhulu di Merapi. Dia membayangkan kekuatan lahar hujan merapi sangat dasyat hingga meluluhlantakkan kawasan Jumoyo. (MJ-14)

Ini Menarik!

Petugas Keamanan Karaoke Tewas Ditikam Pengunjung

Share this on WhatsApp      MAGELANG – Joko Wahartono (57), seorang petugas keamanan karaoke …

Silakan Berkomentar