Pendataan e-KTP di Brebes dan Kendal Paling Buruk se-Jateng

Proses pelayanan e-KTP. (foto: doc)

SEMARANG – Proses pendataan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Brebes dan Kendal dinyatakan terburuk ketimbang daerah-daerah lainnya di Jawa Tengah. Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Jawa Tengah, Sudaryanto, buruknya pendataan di dua daerah itu dipicu wilayahnya yang luas serta kebanyakan penduduknya berada di tapal batas kabupaten.

“Apalagi, masyarakatnya ada yang pakai bahasa Jawa dan Sunda. Satu lagi, Kendal. Nanti kita akan tegur,” terang Sudaryanto, ketika ditemui di kantornya, Jalan Menteri Supeno Semarang, Selasa (24/10).Meski begitu, ia mengklaim hambatan pendataan e-KTP jauh berkurang sejak September. Padahal, ia sempat mengalami kelangkaan blankoe-KTP seperti provinsi lainnya.

“Sekarang masalah sudah berkurang jauh. Kalau dulu langka. Di setiap kantor pelayanan KTP elektronik habis, Sekarang hampir tidak ada kendala,” ungkapnya.Setiap dua bulan sekali, pihaknya bahkan kerap melakukan evaluasi kinerja pendataan e-KTP. Dirinya juga punya tugas memfasilitasi sekaligus berkoordinasi terkait pelayanan di 35 kabupaten/kota.

Ia menargetkan dua bulan ke depan akan mengevaluasi semua kendala di Brebes dan Kendal termasuk rusaknya beberapa peralatan kinerja, hingga tingkat kecepatan pendataan e-KTP.”Provinsi melayani kebutuhan daerah. Kalau ada alat rusak ringan bawa ke sini. Kalau rusak motherboth harus ke Jakarta,” katanya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

15 − = 7

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.