Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > Pendaftaran Calon Bupati Kendal Dibuka Januari 2015

Pendaftaran Calon Bupati Kendal Dibuka Januari 2015

Bupati incumbent, Widya Kandi mengaku siap maju lagi  di Pilkada 2015
Bupati incumbent, Widya Kandi mengaku siap maju lagi di Pilkada 2015

KENDAL – Meski Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kendal baru akan dilaksanakan bulan Mei 2015 mendatang, namun persiapan pelaksanaan agenda lima tahunan ini sudah dilakukan mulai sekarang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal, mulai mengagendakan persiapan  Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati Kendal. Pendaftaran calon dan wakil calon, direncanakan Januari 2015. Calon bupati bisa diusung melalui partai ataupun independen. Bagi calon independen syaratnya harus sudah mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Ketua KPU Kendal, Wahidin Said mengatakan persiapan pemilukada akan dimulai Oktober dengan mempersiapakan tahapan-tahapan pemilukada, mulai dari jadwal pendaftaran calon,  jadwal kampanye, penetapan jumlah pemilih, jumlah TPS dan logistik terkait pemilukada Bupati Kendal.

“Oktober ini mulai dibahas dan ditetapkan juga syarat calon bpati dan wakil bupati yakni minimal harus sudah mendapatkan dukungan dari masyarakat sebanyak sekian persen dari jumlah penduduk yang ada, itu akan ditetapkan,” ujar Said, Selasa (16/9) kemarin.

Selanjutnya nanti dilanjutkan dengan pembentukan Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Sedangkan untuk jumlah pemilih, baru akan ditetapkan setelah mendapatkan data falid dari data kependudukan yang ada di Dispendukcapil,” tuturnya.

“Dukungan kepada calon, yakni jika jumlah penduduknnya diatas satu juta maka minimal dukungan adalah empat persen. Sedangkan jika dibawah satu juta minimal tiga persen,” jelasnya.

Said mengatkan, pemilukada Bupati Kendal diperikarakan akan maju dari periode lalu. Yakni sekitar Mei agar pelantika bupati terpilih tidak sampai melewati batas akhir jabatan Bupati dan Wakil Bupati lama.  “Selain itu untuk mengantisipasi adanya putaran kedua jika calon lebih dari dua,” tandasnya.

Meski sudah ada persiapan dari KPU, namun gereget dari masyarakat maupun partai politik untuk meramaikan pemilukada masih belum nampak. Bahkan belum ada calon Bupati yang menyatakan akan maju dalam Pemilukada Bupati Kendal 2015 mendatang.

Saat ini baru angkat biacara adalah Bupati Kendal Widya Kandi Susanti yang menyatakan siap maju untuk menemput periode keduanya sebagai calon incumbent. Meskipun saat ini belum menentukan siapa wakilnya. “Banyak yang menyatakan ingin mendampingi saya sebagai wakil bupati dalam pemilu mendatang. Namun, saya akan menunggu dan melihat perkembangannya,” kata Widya.

Meski begitu, Widya mengaku optimis bisa kembali memimpin Kabupaten Kendal lima tahun ke depan. Widya mengaku keoptimisannya itu enggan jika ia disebut takabur. Melainkan dirinya ingin melakukan perubahan dengan bekerja lebih baik lagi untuk menjadikan Kendal terus bertambah baik.

Sementara itu, Wakil Bupati Mustamsikin mengatakan, belum mempunyai pikiran untuk maju dalam Pemilukada Kendal 2015. “Belum tau, jika pas pendaftaran calon bupati saya mendaftar berarti saya nyalon. Jika tidak ya tidak, tunggu saja nanti,” katanya. (MJ-01)

Ini Menarik!

Pasar Klitikan Rampung, PKL Bantaran BKT Harus Pindah Mulai Januari

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pasar Klitikan di Penggaron telah selesai dibangun Pemerintah Kota …

Silakan Berkomentar