Pemkot Semarang Butuh 3.200 PNS Baru

SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang kekurangan banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam beberapa tahun ini karena banyak yang sudah pensiun. Kebutuhan tenaga PNS saat ini telah mencapai 3.200 orang.

Pegawai BKD Kota Semarang sedang melaksanakan tugas pekerjaannya. Tahun ini Pemkot Semarang membutuhkan 3.200 PNS Baru. Foto: metrojateng.com/masrukhin abduh

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Semarang Bambang Sukono mengatakan, jumlah PNS Pemkot Semarang saat ini hanya sebanyak 11.460 orang. Tahun lalu pegawai yang pensiun 598 dan tahun ini akan lebih banyak lagi 608 orang.

‘’Setiap tahun rata-rata jumlah pegawai yang pensiun sekitar 500 orang. Sementara sejak tahun 2014 Pemerinah Pusat belum ada pembukaan formasi CPNS,’’ katanya, Kamis (8/2).

Dari jumlah pegawai yang pensiun tersebut kebanyakan merupakan guru di lingkup Dinas Pendidikan Kota Semarang. Dimana jumlah PNS guru di Kota Semarang saat ini terdapat sekitar 5.000-an orang, paling banyak dibanding bidang yang lainnya.

Guna menjamin pelayanan Pemerintah Kota Semarang berjalan baik, kata Bambang, pemerintah kota merekrut tenaga kontrak sesuai Undang-Undang yang jumlahnya ada sekitar 5.300-an.

Selain itu, sudah mengusulkan ke Pemerintah Pusat untuk perekrutan tenaga PNS baru sebanyak 3.224 orang. Paling banyak juga merupakan formasi guru yang sesuai kebutuhan jumlahnya mencapai sebanyak 1.030 orang.

‘’Dari jumlah yang diusulkan tersebut biasanya tidak akan disetujui semua, biasanya hanya sekitar 100an yang disetujui,’’ kata Bambang Kono, yang akhir tahun ini termasuk salah satu dari 3 pejabat eselon II Pemkot Semarang yang akan pensiun. (duh)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

5 + 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.