Home > HEADLINE > Pemkot Magelang Siapkan Kampung Pelangi di Lembah Gunung Tidar

Pemkot Magelang Siapkan Kampung Pelangi di Lembah Gunung Tidar

ilustrasi

MAGELANG – Kota Magelang bakal punya kampung Pelangi. Saat ini, pemerintah dalam hal ini Dinas Kepemudaan , Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) sedang intensif melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kampung Pelangi di gagas untuk membuat destinasi wisata baru lagi di lembah gunung Tidar.

    Kepala Disporapar, Jarwadi mengemukakan, kampung Pelangi nantinya akan diterapkan di RT 06 RW 07 kelurahan Magersari. Rumah-rumah warga di kampung itu, akan di cat dengan warna pelangi sehingga menambah daya tarik bagi wisatawan.

    “Saat pengunjung Gunung Tidar turun maka mereka akan disuguhi dengan hamparan perkampungan warna-warni dan pasti ini akan menarik,” kata Jarwadi.

    Sebagai bentuk keseriusan dengan kampung Pelangi, pihaknya juga sedang berusaha menggandeng pihak ketiga dalam hal ini perusahaan cat.

    Dengan adanya kampung pelangi nantinya, maka diharapkan kunjungan wisatawan ke Kota Magelang akan semakin meningkat.

    Gambarannya, setelah wisatawan turun dari gunung Tidar, maka mereka akan masuk ke kampung Pelangi. Disinilah peran masyarakat setempat untuk bisa melayani para wisatawan.

    Jarwadi menambahkan, selain melibatkan masyarakat setempat, pihakya juga  melibatkan peran mahasiswa di sekitar Magelang. Para mahasiswa akan diminta untukikut dalam progam mendampingi warga. 

    Dikatakan, karena program ini baru direncanakan, maka dana juga akan diusulkan dalam APBD perubahan mendatang.

    Kepala UPT Gunung Tidar, Widodo menambahkan, wisatawan yang naik ke gunung Tidar dari bulan ke bulan semakin bertambah. Bahkan ia menyebut kalau kenaikan jumlah wisatawan dari tahun 2015 ke 2016 mencapai 104 persen.

    Wisatawan banyak datang dari luar kota dan sebagian besar mereka merupakan wisatawan yang hendak berziarah ke makam-makam yang ada di atas gunung Tidar. “Di gunung ini banyak makam tokoh-tokoh besar seperti Kyai Semar, Syech Subakir dan Kyai Sepanjang,” kata Widodo.

    Selain wisata spiritual, gunung Tidar juga memiliki keunggulan, karena di puncak gunung terdapat tugu yang merupakan pakunya Jawa.

     Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menyatakan, inovasi dalam program pariwisata itu penting. Apalagi, saat ini  era yang bersifat kekinian. Jika terealisasi maka, akan bermanfaat langsung ke masyarakat. Ia pun menginginkan masyarakat bisa menangkap peluang yang bisa bermanfaat langsung bagi warga. 

    Ia berharap masyarakat setempat bisa berjualan souvenir maupun membuka warung untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

    Ia membenarkan, program kampung pelangi ini nantinya bisa melibatkan pihak ketiga, sementara masyarakat tinggal dimintai persetujuan. Ia pun mengharapkan , masyarakat memberikan masukan, aspirasi, dan kritik yang sifatnya konstruksitf. (MJ-24)

Ini Menarik!

Pemkab Kampar Pelajari Kawasan Industri di Kendal

Share this on WhatsApp  KENDAL – Keberhasilan Kabupaten Kendal mendirikan kawasan industri berskala besar menarik …

Silakan Berkomentar