Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Pemkab Boyolali Siapkan Rp 2,34 Miliar untuk Rehab 30 SD Rusak

Pemkab Boyolali Siapkan Rp 2,34 Miliar untuk Rehab 30 SD Rusak

Ilustrasi
Ilustrasi

BOYOLALI – Kabupaten Boyolali mendapat bantuan senilai Rp 2,34 miliar dari pemerintah pusat. Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut untuk merehab bangunan 30 Sekolah Dasar (SD) di Kota Susu. Selain lokal kelas juga untuk perpustakaan.

Kabid SD Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Boyolali, Agrar Mahadi, mengatakan tidak semua bangunan sekolah rusak. Setiap SD, hanya beberapa lokal kelas saja. Dari 30 SD yang mendapat bantuan DAK tersebut, jumlah kelas yang diperbaiki sebanyak 52 lokal. “Setiap lokal kelas mendapat alokasi dana rehab sekitar Rp 45 juta. Dana itu untuk atap genteng dan rehab bangunan fisik seluruhnya,” kata Agrar kepada wartawan, Rabu (10/9).

Menurut dia, kerusakan bangunan memang rata-rata ada pada atap. Penyebab kerusakan lantaran adanya hama semacam rangas atau teter. Hama itu lebih ganas dari pada rayap. Selain itu, ukurannya juga lebih kecil. “Rangas itu memakan kayu sehingga kayu menjadi kropos dan akhirnya rusak,” jelasnya.

Selain karena hama rangas, kerusakan bangunan sekolah tersebut juga diakibatkan kondisi tanah bergerak. Terutama di wilayah Boyolali Utara yang kondisi tanahnya termasuk tanah labil. Agrar mengakui dari 30 SD tersebut, sebagian besar berada di wilayah Boyolali utara. Antara lain tiga SD di Kecamatan Wonosegoro, tiga SD di Karanggede dan tiga SD di Kecamatan Andong.

Sedangkan di wilayah Kota hanya dua SD dan saat ini sedang dilakukan perbaikan. Rehab bangunan kelas SD dan perpustakaan tersebut dilaksanakan secara serentak. Pihaknya menugaskan tiga orang untuk mengawasi proyek. Selain itu, masing-masing kepala sekolah yang mendapatkan bantuan rehab juga diwajibkan untuk mengawasi.

Berkait solusi agar bangunan nantinya awet, yakni dengan mencarikan kayu anti hama. Sedangkan berkait tanah gerak, pondasinya menggunakan cakar ayam. (MJ-07)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar