Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Pemkab Boyolali Siap Fasilitasi Penuntasan Relokasi Warga Kedungombo

Pemkab Boyolali Siap Fasilitasi Penuntasan Relokasi Warga Kedungombo

Warga Kemusu menuntut penuntasan ganti rugi relokasi proyek Waduk Kedungombo. Foto Metrojateng
Warga Kemusu menuntut penuntasan ganti rugi relokasi proyek Waduk Kedungombo. Foto Metrojateng

BOYOLALI – Warga Kedungombo, di Kecamatan Kemusu yang menuntut penuntasan relokasi, diminta bersabar. Pemkab Boyolali menyatakan tidak tinggal diam dan siap memfasilitasinya. Pasalnya, kewenangan tersebut ada di Pemerintah Pusat dan Provinsi.

Sekda Boyolali, Sri Ardiningsih mengatakan, penuntasan persoalan WKO, termasuk ganti rugi dan relokasi yang belum tuntas, saat ini masih dalam proses. “Harapan kami, kasus di Kedung Ombo bisa segera selesai. Tetapi itu menjadi kewenangan pusat dan pemerintah provinsi. Kami (Pemkab Boyolali) hanya memfasilitasi saja,” kata Ardiningsih.

Pihaknya pun meminta masyarakat bersabar. Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait, baik dengan BBWS, Perhutani, maupun Badan Lingkungan Hidup (BLH) provinsi. Meski demikian, perlu dipahami proses penyelesaian memang butub waktu yang lama.

Di antaranya, penyiapan lahan Perhutani yang akan digunakan sebagai tempat relokasi saat ini juga belum tuntas. Saat ini perkembangan kasus WKO masih dalam penitisan dan pendataan. “Yang pasti kami siap memfalisitasi, hanya saja perlu dipahami bahwa  ini butuh waktu yang lama. Jadi kami harap warga juga bersabar,” tandasnya.

Seperti diberitakan, warga WKO di Kecamatan Kemusu, Boyolali menuntut kepada pemerintah segera merealisasikan janji relokasi tempat tinggalnya. Ada sekitar 376 kepala keluarga (KK) dari sejumlah desa yang kini masih bermukim di sabuk hijau, dijanjikan relokasi. Namun hingga kini belum terealisasi.

Puluhan warga WKO dari sejumlah desa di Kecamatan Kemusu tersebut melakukan aksi unjuk rasa di pinggiran waduk Rabu (17/9). Mereka menuntut penuntasan ganti rugi dan relokasi. Mereka pun mengancam akan mengeringkan waduk jika tuntutannya tak dipenuhi. (MJ-07)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar