Home > JATENG RAYA > Pemilih Pemula Diperkirakan Naik 30 Ribu Orang

Pemilih Pemula Diperkirakan Naik 30 Ribu Orang

Ilustrasi
SEMARANG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Henry Wahyono menyatakan, jumlah pemilih pemula di Semarang pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang diperkirakan naik mencapai 20-30 ribu orang.
Hal itu berdasarkan data bahwa akan banyak warga Semarang yang memasuki usia 17 tahun pada saat Pilgub 2018 berlangsung. ”Jumlah pemilih pemula diperkiran ada kenaikan antara 20-30 ribu orang, banyak dari mereka karena memasuki usia 17 tahun saat Pilgub 2018 berlangsung,” kata Henry Wahyono, Senin (9/10).
Menurutnya, KPU saat ini masih memproses data agregat kependudukan untuk ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilgub Jateng 2018. Sebab DPS maupan DPT (Daftar Pemilih Tetap) bisa bertambah atau berkurang.
Sedangkan beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan DPT, dia menjelaskan seperti perpindahan penduduk di suatu daerah, penduduk meninggal dunia, dan masuknya pemilih pemula.
”Ada penduduk Kota Semarang yang bermutasi atau pindah, tapi sebaliknya ada juga yang masuk ke Semarang, serta ada pula pemilih pemula yang sebelumnya belum terdaftar,” jelasnya.
Terkait pemilih pemula, bagi yang belum memiliki identitas kependudukan E-KTP sebagai bukti sah untuk terdaftar dalam DPS / DPT, Henry menganjurkan untuk membawa surat keterangan kependudukan saat Pilgub 2018 nanti. (duh)

Ini Menarik!

Berawal dari Barang Bekas, Diorama Enggar Diburu Orang Filipina

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sejumlah warga Semarang riuh berkerumun di pojok ruang pamer festival …

Silakan Berkomentar