Pemesanan Hotel Secara Online Melonjak Tajam

Grand Candi Hotel Semarang mulai mempercantik diri menyambut Natal dan Tahun Baru 2018.(Foto: metrojateng.com/Anggun Puspita)

 

SEMARANG- Pasar online tidak hanya didominasi belanja produk oleh masyarakat. Kini konsumsi dengan cara tersebut juga merambah pada pemesanan hotel. General Manager Grand Candi Hotel Semarang, Yulia SKB mengatakan, booking hotel secara online mulai meningkat dua tahun belakangan.
“Dulu kontribusi pemesanan melalui online hanya 5%, kini bisa mencapai 35%,” ungkapnya, Senin (18/12).
Pemesanan hotel secara online itupun tidak hanya dilakukan oleh individu tapi juga merambah ke segmen corporate atau perusahaan. “Dulu corporate memesan secara langsung ke hotel tapi kini juga melakukan dengan online,” tuturnya.
Menurut Yulia, pemesanan kamar hotel melalui online atau langsung memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi hotel, pihaknya dapat fleksibel untuk mengubah harga. “Harga melalui aplikasi layanan pemesanan hotel secara online bergerak dinamis. Kami bisa mengubah harga setiap saat menyesuaikan musim atau situasi,” katanya.
Namun bagi konsumen, meskipun cara online lebih mudah dan cepat dilakukan tapi terkadang tidak bisa mengubah tanggal atau membatalkan. Kondisi itu berbeda dengan pemesanan secara langsung. Konsumen fleksibel mengubah tanggal atau melakukan pembatalan, bahkan harga lebih stabil.
“Hingga kini pemesanan langsung masih berkontribusi sebesar 20%,” kata Yulia. Sementara itu, jelang natal dan tahun baru Grand Candi Hotel menargetkan okupansi bisa mencapai 80%. Untuk itu hotel mendongkrak dengan menyelenggarakan acara dengan tema “Flashback 80’s” saat penutupan tahun 2017 nanti. (ang)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 48 = 51

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.