Pemegang Kartu JKN-KIS Tetap Terlayani selama Libur Lebaran

SEMARANG – BPJS Kesehatan Cabang Semarang menjamin pemegang Kartu JKN-KIS akan tetap terlayani saat libur lebaran tahun 2018, tepatnya H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni 2018. Sebab, setiap peserta tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Idul fitri.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang Bimantoro bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang dan Fasilitas Kesehatan bersinergi akan melayani peserta JKN-KIS selama libur Lebaran. Foto: anggun puspita

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Bimantoro mengatakan, pemudik dapat mengakses pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan meskipun tidak terdaftar di FKTP tersebut.

“Tidak hanya FKTP, tetapi kewajiban melayani peserta luar daerah saat libur Lebaran juga berlaku untuk FKTP nonpuskesmas seperti klinik pratama dan dokter praktek perorangan,” ungkapnya.

BPJS Kesehatan juga memastikan apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur Lebaran di wilayah tersebut, maka peserta dapat langsung ke IGD rumah sakit setempat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

“Maka kami mengimbau agar masyarakat selalu membawa kartu JKN-KIS dan memastikan status kepesertaan aktif serta mengecek iurannya apakah sudah dibayar belum. Hal itu dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN. Dari aplikasi itu peserta juga dapat melihat daftar fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dikunjungi saat membutuhkan pelayanan kesehatan,” jelas Bimantoro.

Diketahui, BPJS Kesehatan juga telah meluncurkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi itu menyediakan informasi mengenai telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Semarang, Lilik Farida menyampaikan, pihaknya akan menyiagakan 13 posko kesehatan mulai Terminal Mangkang hingga  Terminal Penggaron. Demikian juga dengan layanan puskesmas.

“Ada 11 puskesmas yang akan melayani 24 jam dan saat cuti Lebaran puskesmas tetap buka seperti biasa sehingga masyarakat yang butuh pelayanan bisa terlayani. Untuk pelayanan kegawatdaruratan kami juga menyiapkan 5 mobil gawat darurat dan 8 ambulans,” katanya. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.