Home > KRIMINAL & HUKUM > Pembobol Rekening Nasabah Selalu Menarik Tunai dari ATM Bersama di Solo

Pembobol Rekening Nasabah Selalu Menarik Tunai dari ATM Bersama di Solo

image

SEMARANG – Meski mempunyai sasaran di berbagai wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta komplotan pembobol ATM Adam Cs selalu melakukan penarikan uang tunai di daerah Solo. Sedangkan untuk menghindarkan dari pelacakan yang dilakukan pihak bank maupun kepolisian tersangka menarik uang lewat ATM bersama.

Kanit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Ditreskrimum Polda Jateng, AKP Agus Puryadi mengatakan, pemasangan skimmer itu dilakukan dengan cara menyebar baik di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

“Tapi mereka selalu mengambil uang tunai dari Solo. Namun korbannya bisa jadi berasal dari Solo, Yogyakarta, Malang, dan kota-kota lain,” jelasnya kepada metrosemarang.com.

Kelompok pembobol ATM ini memiliki peran berbeda-beda. Agus memaparkan, merka mempunyai peras mulai dari memasang alat untuk mencuri data baik data nasabah maupun PIN, mengambil alat tersebut, menutup kamera CCTV, mengolah data dan mencetak kartu ATM baru yang disebut kartu putih hingga mengambil uang tunai.
untuk menghindari pelacakan mereka kemudian mentransfer uang yang telah diambil ke sejumlah rekening.

“Selanjutnya, uang dari rekening-rekening itu ditransfer lagi ke rekening milik bosnya, si Adam ini,” paparnya.

Selain itu, Adam cs juga memilih lokasi penarikan uang di ATM bersama yang kondisinya sepi dan tidak ada penjaganya. Untuk menghindari rekaman CCTV, tersangka menggunakan topi yang berbeda.

“Kami menyita sedikitnya ada 10 topi. Itu digunakan untuk menyembunyikan wajah mereka dari CCTV yang terpasang di bilik ATM,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 9 tersangka pembobolan ATM yang diringkus di Solo tiba di Mapolda Jateng, Kamis (28/8) malam. Sejak beraksi pada 2009 komplotan ini diduga telah berhasil meraup miliaran rupiah dengan korban ratusan nasabah. (les) 

Ini Menarik!

Pembangunan Tempat Relokasi Tahap II di MAJT Minus 4%

Share this on WhatsApp    SEMARANG – Pembangunan tempat relokasi tahap II untuk pedagang Pasar …

Silakan Berkomentar