Home > JATENG RAYA > Pembangunan Pasar Johar Baru Dimulai

Pembangunan Pasar Johar Baru Dimulai

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menyaksikan grounbreaking di lokasi bekas Pasar Kanjengan. (foto: metrosemarang.com/Mukhamad Masrukhin)
SEMARANG – Groundbreaking pembangunan Pasar Johar Baru tahap pertama di lokasi bekas Pasar Kanjengan blok C dan D resmi dilakukan oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Jumat (20/10). Ditargetkan pembangunan ini akan selesai pada akhir Desember 2017.
Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi menuturkan, pembangunan Johar baru tahap pertama ini seluas 50 x 50 m2 dengan biaya Rp93 miliar dari Kementerian Perdagangan. Setelah selesai Desember akan dilanjutkan pembangunan tahap berikutnya di tahun 2018. Dengan dana APBD Kota Rp50 miliar untuk membuat alun-alun dan Rp240 miliar dari Kementerian PUPR untuk melanjutkan pekerjaan pada bangunan cagar budaya Pasar Johar.
”Bangunan cagar budaya di tahun ini sudah dapat Rp50 miliar dari APBD Kota Semarang untuk perkuatan kontruksi. Jadi untuk tahun depan dengan anggaran dari Kementerian PUPR akan digunakan untuk melanjutkan sehingga bangunan cagar budaya kembali seperti semula,” katanya.
Pembangunan ini diakui kroyokan dengan dana dari pemerintah pusat dan pemerintah kota. Sementara dari Pemerintah Provinsi Jateng diakui belum meminta. Tapi Hendi yakin, Gebernur Ganjar Pranowo di 2019 pasti akan melengkapi untuk membangun Pasar Johar ini.
Tahapan pembangunan sendiri, Hendi mengatakan setelah mengerjakan pembangunan di bekas Pasar Kanjengan dan di bangunan cagar budaya Johar yang terbakar dari dana APBD Kota. Berikutnya penyelesaian bangunan cagar budaya dengan dana Kementerian PUPR.
Dana dari APBD, lanjutnya, juga akan digunakan untuk membuat alun-alun Pasar Johar baru tahap pertama. Rencananya, alun-alun ini akan diselesaikan di tahun 2019.
”Jadi di tahun 2019 akhir targetnya bangunan cagar budaya yang terbakar kembali seperti semula, dan lingkungan di sekitar sudah berubah. Alun-alunya bertambah bagus, di bawahnya dipakai untuk pedagang Pasar Yaik, dan Pasar Kanjengan dibangun lebih baik lagi,” tandasnya. (duh)

Ini Menarik!

Wuling Tawarkan Layanan Purnajual, Renault Tak Pasang Target Muluk

Share this on WhatsApp    SEMARANG – Wuling dan Renault merupakan dua pemain baru dalam …

Silakan Berkomentar