Pekan Ini Jateng Masih Berpotensi Hujan Lebat

Hujan lebat terjadi di Solo pekan lalu yang menyebabkan genangan air. (foto: metrojateng.com)

SEMARANG – Musim hujan 2018 diperkirakan jatuh pada Februari dan masih berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Semarang, Kabupaten Semarang serta beberapa kota di Pantura Jawa Tengah.

Saat ini terdapat dua daerah tekanan rendah di perairan selatan Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Sehingga terdapat pengumpulan massa udara yang memanjang dari Jawa Barat dan menimbulkan potensi hujan sedang hingga lebat di daerah Jawa Tengah.

“Selain berpotensi hujan, hal ini juga berpotensi menimbulkan gelombang dengan ketinggian dua hingga empat meter di perairan selatan pulau Jawa,” kata Kasi Data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Semarang Iis Widya Harmoko, Rabu (14/2).

Kondisi ini diprediksi masih akan terjadi hingga sepekan ke depan. Masyarakat diimbau untuk waspada terhadap kondisi tersebut.

Adapun untuk kecepatan angin kencang sekitar 50-70 km/jam sedangkan untuk kelembaban berkisar 60-85 persen. Dia menyebutkan, di wilayah daratan tinggi rawan terjadi longsor, sedangkan di kawasan Pantura rawan terjadi banjir. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

53 − 50 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.