Home > GUBERNURAN > Pejabat Sementara dari Pemprov Dinilai Lebih Netral

Pejabat Sementara dari Pemprov Dinilai Lebih Netral


Notice: Array to string conversion in /home/metg6994/public_html/wp-content/plugins/jetpack/modules/carousel/jetpack-carousel.php on line 425
ilustrasi
ilustrasi

SEMARANG – Pejabat kepala daerah (Pj) yang menggantikan tugas bupati/walikota selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) disarankan ditunjuk dari Pemprov Jateng. Penunjukkan Pj sekelas eselon II dari Pemprov dirasa bisa mencegah terjadinya praktik keperpihakan terhadap salah seeorang calon.

Pengamat Politik Universitas Diponegoro Mohammad Yulianto mengatakan, Pj dari provinsi akan membawa keadilan bagi calon kepala daerah baik penantang maupun petahana. Jika Pj dari internal pemerintah kabupaten/kota, dikhawatirkan berpotensi adanya tekanan dari petahana.

“Pj dari provinsi akan lebih adil. Sikapnya lebih netral dan tidak memiliki tanggung jawab untuk mendukungĀ incumbent,” katanya, dalam diskusi Prime Topic Sindo Radio di Hotel Aston Semarang, Senin (2/2).

Anggota Komisi A DPRD Jateng Sriyanto Saputro mengatakan, pihaknya sangat memperhatikan persoalan Pj ini. Pemprov harus memilih orang yang tepat dengan karakter suatu wilayah. Pj juga harus mengerti apa saja tupoksinya agar tidak menyalahi wewenang.

“Gubernur tidak boleh salah memilih pejabat sementara,” terang Politikus Gerindra itu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Joko Purnomo mengatakan, pihaknya masih menunggu regulasi dari KPU RI, terutama pada masalah penjadwalan pelaksanaan pilkada. (MJ-11)

Ini Menarik!

Borobudur Marathon, Sejumlah Jalan Disterilkan

Share this on WhatsAppMAGELANG – Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM) 2017 yang digelar Minggu (19/11), …

Silakan Berkomentar