Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > Pedagang Pasar Johar Keluhkan Saluran Mampet

Pedagang Pasar Johar Keluhkan Saluran Mampet

Pedagang Pasar Johar mengeluhkan saluran yang tidak berfungsi optimal. Foto Metrosemarang/MS-08
Pedagang Pasar Johar mengeluhkan saluran yang tidak berfungsi optimal. Foto Metrosemarang/MS-08

SEMARANG – Pedagang Pasar Johar di Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang mengeluhkan keberadaan sebuah saluran di dalam pasar yang tak berfungsi optimal. Akibatnya aliran air tidak lancar padahal merupakan tempat pembuangan limbah cair sisa dagangan.

Limbah cair yang menggenang tersebut, menimbulkan bau tidak sedap yang mengganggu pedagang maupun pembeli. Apalagi jika terjadi hujan air akan meluap hingga mengalir ke beberapa kios pedagang. Pedagang berharap segera ada tindakan dari dinas yang terkait.

Keluhan saluran tak berfungsi maksimal tersebut disampaikan oleh pedagang saat Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meninjau Pasar Johar, Rabu (3/12). Suhaimi (59) salah satu pedagang mengatakan, saluran di dalam pasar dekat lapak miliknya mampet. ‘’Salurannya terlalu sempit sehingga alirannya tidak lancar, karena disebabkan adanya sedimentasi di badan saluran dan sampah,’’ katanya.

Tidak lancarnya saluran tersebut sudah berlangsung hampir satu bulan ini. Saluran tersebut, dulu dibangun dari hasil swadaya dari para pedagang. Karena itu perawatan saluran sekarang ini diharapkan pemerintah kota mau membantu membersihkannya. ‘’Kami berharap segera ada pengerukan sedemintasi dan sampah yang ada di saluran. Apalagi sekarang sudah sering hujan, air sering meluap dari saluran,’’ katanya.

Di luar masalah saluran, Suhaimi menyatakan secara umum kondisi Pasar Johar sudah tidak banjir. Hal itu berkat adanya optimalisasi rumah pompa Kali Berok dan Polder Banger Tawang. Pembeli pun sudah semakin banyak.

Menanggapi keluhan itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan akan langsung memerintahkan dinas terkait untuk melakukan pengerukan saluran. Pembersihan saluran memang harus segera dilakukan guna mengantisipasi adanya musim penghujan.

‘’Dinas PSDA-ESDM, Dinas Pasar, dan Camat Semarang akan langsung saya minta untuk berkoordinasi mengenai permasalahan saluran ini. Akan saya minta secepatnya, kalau bisa hari ini dikeruk sedimentasinya,’’ katanya.(MS-13)

Ini Menarik!

Pasar Klitikan Rampung, PKL Bantaran BKT Harus Pindah Mulai Januari

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pasar Klitikan di Penggaron telah selesai dibangun Pemerintah Kota …

Silakan Berkomentar