Home > JATENG RAYA > Pedagang Kaget Jualannya Diperiksa Petugas Dinkes

Pedagang Kaget Jualannya Diperiksa Petugas Dinkes

Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal ‘merazia’ makanan yang dijual pedagang kaki lima.

 

KENDAL – Sejumlah pedagang jajanan yang mangkal di depan Madrasah Ibtidaiah Negeri (MIN) Kalibuntu Wetan Kendal Rabu (01/02) mendadak terlihat terkejut melihat sejumlah petugas Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan.

Petugas tim pemeriksa makanan jajanan Dinas Kesehatan dan Puskesma Kendal Aniek Eko Sulistyowati, mengakui, jajanan di sekitar Sekolah Dasar masih rentan menggunakan zat berbahaya.

Terbukti dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan tim di penjual makanan lingkungan MIN,  ditemukan makanan yang menggunakan formalin dan pewarna pakaian.
“Secara kasat mata sudah terlihat makanan yang menggunakan pewarna pakaian terlihat cerah, dan yang menggunakan formalin nampak kenyal seperti mie dan bakso ini,” jelasnya.

Tidak sekedar memeriksa, namun pedagang juga mendapatkan informasi seputar makanan sehat baik pengemasan dan pengolahan.

“Kami tidak mau membunuh karakter pedagang dengan langsung mengatakan jajanan tidak layak jadi akan kami ingatkan setelah hasil laboratorium keluar sekira satu minggu lagi apakah dugaan petugas benar atau tidak” paparnya.

Sementara itu, Kepala Madrasah MIN Kalibuntu Wetan Kendal Musyadad mengatakan, pihaknya sengaja memanggil dinas kesehatan untuk memeriksa jajanan yang di jual sekolah.
“Ini sebagai upaya preventif saja, alhamdulillah selama ini belum ada kejadian keracunan atau sejenisnya, kami hanya ingin mengedukasi pedagang agar menjual makanan yang sehat,” terangnya.

Musyadad juga tidak tahu apabila beberapa jajanan di kantin, koperasi, dan di luar sekolah mengandung zat-zat berbahaya. 

Sementara menunggu hasil laboratorium, Musyadad menghimbau kantin atau koperasi tidak menjual jajanan yang diduga mengandung zat pewarna kain atau formalin.

“Jika hasil laboratorium sudah keluar, saya akan memberikan penyuluhan pada pedagang agar menjual jajanan sehat serta menjaga kebersihan,” imbuhya. (MJ-01)

Ini Menarik!

Pembangunan Proyek Vital Bandara Diprioritaskan

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pengembangan Bandara Ahmad Yani Semarang khususnya pada proyek bangunan …

Silakan Berkomentar