Beranda JATENG RAYA METRO SEMARANG PDAM Klaim Pasokan Air Bersih di Wilayah Timur Semarang Mulai Normal

PDAM Klaim Pasokan Air Bersih di Wilayah Timur Semarang Mulai Normal

65
0
BERBAGI

SEMARANG – Direksi PDAM Tirta Moedal Kota Semarang banyak dikritik hingga didesak mundur karena kinerjanya dinilai tidak maksimal. Mereka pun menegaskan, telah melakukan upaya menanggulangi krisis air bersih di wilayah timur Kota Semarang.

Ilustrasi

Plt Direktur Utama PDAM Tirta Modal M Farkhan mengatakan, pihaknya sudah mengoptimalkan suplai air baku ke IPA (Instalasi Pengolahan Air) Kudu di Kecamatan Genuk. Pasokan air baku sudah mendekati angka normal yaitu 800 liter/detik.

‘’Kita sudah tambah pasokan air baku dari Kali Gubug sekitar 600 liter/detik dan juga dari Bendung Pucanggading diperkirakan 200 liter/detik,’’ katanya, Kamis (17/5).

Pihaknya juga telah melakukan pengiriman tangki air bersih secara gratis kepada warga di wilayah timur Semarang. Bahkan, jika masih belum memenuhi siap untuk melakukan pengeboran air tanah atau sumur artetis di daerah tersebut.

Farkhan menjelaskan bahwa krisis air bersih yang terjadi di wilayah timur Semarang disebabkan adanya rehabilitasi saluran dari Klambu ke Kudu sepanjang 47 Km. Sehingga itu menyebabkan pasokan air berkurang dari 1.000 liter menjadi 700 liter/detik.

‘’Ditambah ada turbin yang rusak di PLTA Kedungombo milik PLN. Kita otomatis tidak bisa berbuat banyak karena turbin itu tanahnya PLN, sementara PLN menjanjikan perbaikan turbin selesai dalam kurun waktu dua bulan,” jelasnya.

Hal itu diperparah lagi dengan pengambilan air dari sungai oleh petani-petani untuk mengaliri sawah. Farkhan mengklaim, dengan upaya itu sekitar 40 ribu dari total 60 ribu pelanggan PDAM di wilayah timur Semarang kini sudah teraliri air bersih. Dan sisanya akan terus diupayakan dengan cara lain sehingga100% bisa teraliri air bersih. (duh)