Pastikan Mudik Nyaman, Sopir Bus di Magelang Jalani Pemeriksaan Kesehatan

MAGELANG – Puluhan pengemudi bus di Terminal Sukarno-Hatta Kota Magelang mendapat pelayanan cek kesehatan gratis dari Pemkot Magelang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes). Hal ini untuk kesiapan mereka dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 1439 H.

Pemeriksaan kesehatan awak bus di Terminal Sukarno-Hatta Magelang. Foto: ch kurniawati

“Tes kesehatan ini untuk memastikan pengemudi dalam keadaan sehat, agar di jalan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, dr Fatma di sela-sela meninjau kesiapan mudik lebaran yang dipimpin Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, di terminal Sukarno-Hatta, Kamis (7/6).

Para pengemudi dites kesehatan meliputi tensi, gula darah, kolesterol, alkohol, narkoba serta buta warna. “Ya kita rutin mengadakan cek kesehatan terhadap mereka untuk antisipasi di jalan,” terang Fatma.

Para pengemudi juga diimbau  untuk selalu menjaga kesehatan sebelum bertugas. Mereka diminta agar jangan segan-segan untuk memanfaatkan rest area untuk beristirahat memulihkan kondisi fisik yang mungkin lelah.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan ini penting untuk para pengemudi sebelum bertugas mengangkut penumpang di momen Lebaran. Ia pun mengapresiasi Dinkes yang memberikan layanan cek kesehatan gratis ini.

“Tadi saya lihat banyak pengemudi yang cek kesehatan. Bagus untuk kesiapan pengemudi sebelum membawa penumpang pulang kampung. Jangan abaikan keselematan penumpang dengan tidak siap dalam hal kesehatan diri,” jelasnya.

Dalam tinjauan yang diikuti juga Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan dan Dandim 0705/Magelang, Letkol Arm Kukuh Dwi Antono ini, Windarti juga mengecek kesiapan armada bus PO Handoyo dan Terminal Tidar.

Rombongan juga mengecek ketersediaan gas di agen Fatima jalan Urip Sumoharjo, serta toko Trio Plaza juga mengecek isi parcel yang sudah dikemas. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

87 + = 93

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.