Home > HEADLINE > Pasar Tumpah Biang Macet Pantura Kendal

Pasar Tumpah Biang Macet Pantura Kendal

KENDAL – Sepanjang pantura Kendal ada tiga titik rawan kemacetan  akibat pasar tumpah,  yakni Pasar Weleri, Pasar Cepiring dan Pasar Kaliwungu. Pemudik yang masuk wilayah Kendal untuk sementara dialihkan ke jalur lingkar Weleri. Kemacetan di depan pasar tumpah ini akibat banyak angkutan yang berhenti dan warga yang menyeberang.

Titik kemacetan akibat pasar tumpah dari arah barat ada di Pasar Weleri. Pasar terbesar ini rawan kemacetan karena banyak warga menyeberang dan angkutan berhenti disepanjang jalan. Meski sudah ada jalur lingkar Weleri namun jalan yang melintas pasar menjadi jalur utama pemudik dengan tujuan Temanggung dan Jogjakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Muhamad Toha mengatakan mengantisipasi kemacetan akibat pasar tumpah di Weleri ini kendaraan akan dialihkan ke jalur lingkar. “Sedangkan kendaraan yang hendak menggunakan jalur alternatif Weleri-Temanggung/diarahkan ke jalan alternatif  tidak melintas pasar Weleri,” katanya Kamis (16/06) siang.

Selain Pasar Weleri titik pasar tumpah lainnya yang menjadi rawan kemacetan adalah  Pasar Cepiring. “Pasar yang berada di jalur pantura ini menjadi titik terparah kemacetan akibat pasar tumpah. Pasalnya tidak ada jalur lain namun dinas perhubungan sudah mengupayakan mengaktifkan jalur kampung sebelum Pasar Cepiring melalui stasiun semut dan masuk ke jalan pabrik gula keluar setelah pasar,” jelas Toha.

Jalur alternatif itu hanya kendaraan kecil saja yang dialihkan, jika nantinya ada kemacetan di depan pasar Cepiring. “Sementara titik kemacetan lainnya yakni Pasar Kaliwungu, namun untuk antisipasi sudah dilakukan dengan mengalihkan seluruh kendaraan ke jalur lingkar hingga keluar di perbatasan dengan Kota Semarang,” imbuhnya.
Sedangkan untuk pengaturan di pantura Kota Kendal khususnya aktivitas di sejumlah pertokoan, petugas sudah berkordinasi dengan membuat jalur khusus dan dialihkan ke jalan Pemuda Kota Kendal dengan kontra flow. (MJ-01)

Ini Menarik!

1 Sura, Ribuan Warga Kendal Rebutan Nasi Bungkus

KENDAL – Ribuan warga dari sejumlah daerah saling berdesakan dan berebut nasi sura dalam peringatan Haul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *