Pasar Tradisional di Solo Tetap Beroperasi saat Lebaran

SOLO –  Pemkot Solo tidak akan menghentikan operasional 44 pasar tradisional selama Lebaran 2018. Seluruh pasar dipastikan tetap buka saat hari raya. Hal tersebut tertuang dalam Perda Nomor 1/2010 tentang Pengelolaan Pasar dan Perlindungan Pasar Tradisional.

Pasar tradisional di Solo tetap beroperasi saat Lebaran. Foto: metrojateng.com

Perda disebutkan bahwa seluruh pasar tradisional beroperasi mulai pukul 05.00 hingga pukul 18.00. Jadi selama libur Lebaran, dipastikan pasar tetap buka untuk menjamin ketersediaan bahan kebutuhan masyarakat.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Tavip Harjono membenarkan jika pasar tradisional Kota Solo itu tetap buka selama Lebaran. Akan tetapi ia tak memungkiri terdapat beberapa pedagang yang memutuskan untuk meliburkan diri, lantaran relatif minimnya pengunjung saat hari raya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pengelola pasar, sebagian besar kios tutup selama hari pertama dan kedua Idul Fitri. Minggu (11/6) baru buka kembali,” jelasnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi keamanan di lingkungan pasar, Pemkot akan menambah petugas yang tetap bekerja bervariasi menyesuaikan tingkat keramaian pasar. Petugas paling banyak bakal ditempatkan di pasar-pasar besar, seperti Pasar Klewer dan Pasar Gede. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 3 = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.