Beranda JATENG RAYA METRO SEMARANG Panjat Pinang Kera Sedot Pengunjung ke Goa Kreo

Panjat Pinang Kera Sedot Pengunjung ke Goa Kreo

196
0
panjat pinang kera goa kreo
Panjat pinang kera di Goa Kreo Semarang. (sumber foto: www.len-diary.com)

 

SEMARANG – Populasi kera ekor panjang yang mengalami peningkatan sejak tahun kemarin masih menjadi daya pikat tersendiri bagi para pengunjung kawasan argo wisata Goa Kreo di Kelurahan Kandri, Gunungpati.

Kepala UPTD Argo Wisata Goa Kreo, Mamit Sumitra mengatakan, populasi kera ekor panjang saat ini telah mencapai kisaran 300 ekor lebih. Indukan kera ekor panjang biasanya membentuk kelompok kecil-kecil pada beberapa titik jalan menuju akses masuk ke Goa Kreo.

“Jumlahnya saat ini ada 300 ekor. Sebab, kera-kera yang ada di Kreo dalam setahun berkembangbiak cepat sekali. Kawanan kera ekor panjang inilah yang tetap menjadi primadona bagi pengunjung agar mampir kemari,” ujar Mamit saat dihubungi¬†metrosemarang.com, Rabu siang (7/3).

Mamit menuturkan untuk meningkatkan trafik pengunjung, dirinya saat ini telah membuat atraksi panjat pinang kera. Atraksi tersebut digelar setiap Minggu siang.

Tak jarang pula Mamit sering mengadakan atraksi panjat pinang kera saat musim liburan tiba.

“Pengunjung kebanyakan paling senang memberi makan kera sambil melihat atraksi panjat pinangnya. Itu yang membuat banyak orang tertarik datang ke Goa Kreo,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa saat digelar panjat pinang, pihaknya selalu memasang benda-benda yang dapat menarik perhatian kawanan kera macam pisang, buntelan kacang dan sejenisnya.

Untuk akhir pekan, kata Mamit kunjungan wisatawan di Goa Kreo naik dua kali lipat atau sebanyak 1.500 orang dibanding hari biasa hanya mentok 300 orang per hari.

Upaya lainnya, Mamit menyampaikan dirinya juga berupaya merangkul komunitas pecinta motor (biker). Dalam setahun, para biker yang menggelar acara di Kreo bertambah banyak seiring adanya kemudahan perizinan yang diberikan oleh pihaknya.

“Walau begitu, harus membayar tiket masuknya. Keberadaan para biker ini bisa memberikan kontribusi cukup bagus bagi kegiatan pariwisata di kawasan Goa Kreo,” kata Mamit. (far)