Panduan Khusus Pengguna Softlens Agar Mata Tetap Sehat

MATA merupakan jendela dunia yang harus kita jaga, kesehatan mata pun seharusnya menjadi perhatian khusus bagi setiap orang. Fenomena pemakaian softlens bagi dunia optik sudah semakin populer seiring perkembangan jaman. Bukan hanya menjadi solusi penderita mata rabun yang enggan mengenakan kacamata, softlens juga kerap dijadikan mode agar tampil lebih modis dan berbeda.

Meski demikian, dampak yang ditimbulkan dalam pemakaian soflens yang tidak benar dapat menimbulkan iritasi dan infeksi mata. Hal apa sih yang perlu diperhatikan agar mata tetap sehat walau memakai softlens? Berikut panduannya.

panduan untuk pengguna softlens
Ilustrasi

 

Mencuci tangan sebelum menyentuh softlens

Tahap pertama saat kita ingin memakai maupun melepas softlens yaitu dengan mencuci tangan sebersih mungkin agar terhindar dari kuman dan bakteri. Karena softlens itu sendiri akan berhadapan langsung dengan bola mata yang sensitif dengan hal tersebut.

 

Membersihkan softlens sebelum dikenakan

Mencuci softlens dengan cairan khusus sebelum digunakan juga penting. Sisa kotoran yang ada dalam softlens harus tersapu bersih. Banyak penelitian mengatakan membersihkan Softlens akan lebih efektif dengan cara digosok secara perlahan di tangan.

 

Waktu Pemakaian 

Delapan jam merupakan waktu yang dianjurkan untuk memakai softlens, karena jika lebih dari itu softlens akan menjadi sarang kuman dan bakteri. Jangan coba-coba memakai softlens saat tidur sangat bahaya. Perhatikan juga tanggal kadalauarsanya, ada jenis softlens yang kadaluarsanya 6-12 bulan namun yang lebih aman pilihlah softlens sekali buang agar terhindar dari bahaya iritasi dan infeksi mata.

 

Hindari ketempat yang berdebu

Saat kita mengenakan softlens, mata akan dua kali lebih sensitif jika terkena debu, karena debu-debu tersebut dapat menempel di softlens yang akan menyebabkan infeksi dan iritasi. Oleh karna itu menghindari tempat yang berdebu sangat disarankan. Gunakanlah kacamata biasa jika mengharuskan.

 

Perhatikan penyimpanan softlens

Setelah memakaiannya jangan lupa untuk mengganti rendaman air softlens dan pastikan bersih dan terindar dari kuman dan debu.

(Fitria Eka)

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

31 + = 33

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.