Beranda JATENG RAYA Pamomong, Syukur Petani Durian Candimulyo atas Ganjar

Pamomong, Syukur Petani Durian Candimulyo atas Ganjar

21
0
Para petani durian di Candimulyo mengadakan acara Pamomong, sebagai rasa syukur atas rekomendasi yang kembali diturunkan kepada Ganjar Pranowo, untuk maju dalam bursa pilkada Gubernur Jateng periode 2018-2023. (foto: metrojateng.com/ch kurniawati)

 

MAGELANG – Di tengah guyuran hujan gerimis, belasan petani durian di Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang tetap menggelar acara ‘pamomong’, atau makan bersama. Tradisi ini sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia yang diberikan Tuhan Yang Maha Kausa. Kali ini, petani bersyukur atas terpilihnya gubernur petahana Jateng Ganjar Pranowo, yang kembali memperoleh rekomendasi dari DPP PDI P untuk maju dalam Pilgub 2018.

Petani durian yang sebagian besar perempuan ini berkumpul di Pasar Kembaran. Mereka mengenakan celana dipadu kaos warna orange dan dilengkapi ‘caping’. Mereka duduk diatas tikar yang digelas mengelilingi tiga tampah berisi nasi urap yang disebut juga nasi kluban, dilengkapi dengan lauk rebusan telur.

Setelah sesepuh memanjatkan doa, maka para petani itupun bersama-sama menyantap nasi kluban. Suasana suka cita, guyub rukun nampak sekali terlihat dalam acara pamomong ini. Juru parkir, pedagang pasar dan tukang ojek turut menyantap nasi kluban tersebut.

Ketua Asosiasi Petani dan Pedagang Durian Amrih Dadi Mulyo, Puguh Djaka Sulistya mengatakan para petani siap mendukung Ganjar Pranowo kembali menjadi Gubernur Jateng periode 2018-2023. “Mengingat sudah banyak jasa yang diberikan selama ganjar menjadi gubernur,” kata Puguh.

Dukungan Ganjar terhadap petani, kata Puguh, pada tahun 2016 lalu pernah memberikan bantuan sebanyak sembilan ribu bibit pohon durian. Juga pelatihan-pelatihan kepada para petani melalui dinas Pertanian.

Seperti diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan rekomendasi gubernur petahana Ganjar Pranowo dan Taj Yasin (putra KH Maimoen Zubair) untuk maju Pilkada Jawa Tengah 2018. Pasangan ini juga diusung oleh Partai Demokrat, PPP, Golkar dan Nasdem.

Supangat, ketua divisi teknik Asosiasi Petani dan Pedagang Durian menambahkan, di Candimulyo  yang meliputi Desa Kebonrejo, Kembaran dan Tegalsari terdapat 1.000 – 2.000 orang petani maupun pedagang buah durian. Ada sekitar 20.000 pohon yang tersebar di tiga desa ini.

Durian Candimulyo

Saat ini, asosiasi sedang menyiapkan  pohon durian diatas lahan seluas hingga 2 hektare. Karenanya tidak heran, kalau wilayah ini dikenal sebagai sentra durian di kabupaten Magelang. Wilayah ini juga sering dijadikan tujuan wisata durian.

Para petani telah menerapkan metode penanaman buah durian lokal hasil karya mereka sendiri sejak tahun lalu. Metode itu diterapkan di lahan sekitar 10.000 hektare lahan dengan belasan varian buah durian lokal unggulan, diantaranya varian candy, susu molek, dandang sariti, jowongso, mentari senja, jamas, ketan dan lain-lain.

Dalam tempo 3-4 tahun lagi, pohon durian akan  mulai berbuah dan sudah dipastikan akan menjadi destinasi wisata. (MJ-24)