Pakar Politik: Elektabilitas Ganjar Sentuh Angka 56 Persen

Ganjar Pranowo

SEMARANG – Sejumlah kalangan akademisi telah memprediksi jauh-jauh soal langkah PDIP kembali mengusung incumbent Ganjar Pranowo. Menurut Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Teguh Juwono prediksi tersebut menguat ketika survei di sejumlah daerah berulang kali menempatkan nama orang nomor satu di Jateng itu sebagai figur yang disukai masyarakat.

“Dari survei tingkat popularitas diketahui jika 70 persen warga masih menyukai figur Pak Ganjar. Salah satu penyebabnya tentu beliau selama ini dikenal bersih dari korupsi serta pola kejanya dianggap nyata bagi masyarakat,” ungkap Teguh, Minggu (7/1).

Meski tengah didera kasus megaproyek e-KTP, tetapi ia mengatakan hal tersebut tidak terlalu mempengaruhi basis suara yang ada di Jawa Tengah. Ia mengklaim warga masih melihat sosok Ganjar sebagai tokoh yang bagus untuk kembali memimpin lima tahun ke depan.

“Kinerjanya juga enggak jelek-jelek amat. Jadi wajar kalau popularitasnya begitu tinggi,” jelasnya.

Di kalangan internal PDIP, Teguh mengatakan hasil survei elektabilitas menempatkan nama Ganjar jauh diatas nama-nama yang mendaftar sebagai calon gubernur maupun wakil gubernur.

Tingkat elektabilitas Ganjar mencapai 56 persen, sehingga mampu menyisihkan nama pendaftar lainnya.

Namun, ia mengingatkan kepada PDIP supaya memperkuat soliditas kadernya di bursa Pilgub Jateng. Menurutnya persaingan akan seru bila ada dua pasangan calon yang maju Pilgub.

“Asalkan kader-kadernya solid dan berhati-hati terhadap kasus e-KTP, saya rasa incumbent masih menang di Pilgub 2018,” cetusnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 3 = 4

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.