Pabrik Gula Cepiring Berhenti Operasi, Petani Tebu Kelimpungan

PT. IGN, Cepiring, Kendal. Foto: bioenergywoman.blogspot.com
PT. IGN, Cepiring, Kendal. Foto: bioenergywoman.blogspot.com

KENDAL – PT. Industri Gula Nusantara (IGN), Cepiring, Kendal, mulai kesulitan menentukan masa tanam tahun 2014/2015. Akibatnya sejumlah petani tebu yang justru siap tebang mulai kelimpungan dan terancam rugi puluhan juta rupiah.

Seperti Amun (60), warga Desa Karangayu, Kecamatan Cepiring. Ia dulu salah satu karyawan PG Cepiring, saat itu dirinya sebagai buruh musiman atau buruh kampanye yang tugasnya memberikan tanda batas tebu di kebun tebu.

Kebahagiaan bapak enam anak tersebut terpancar kembali saat PG Cepiring kembali membuka aktifitas pabrik dengan berganti nama menjadi PT Industri Gula Nusantara (IGN) pada tahun 2008.

Amun pun mulai kembali aktivitasnya sebagai petani tebu yang sudah dia tinggalkan selama 10 tahun sejak PG Cepiring tutup.  Dengan bekal pengalaman bertani tebu Amun memulai tanam tebu dan menyetorkan hasil kebunnya kepada PT IGN.

Sejak dibuka kembali, Amun bisa menikmati hasil dari tanam tebu bisa membiayai sekolah anak-anaknya dan kondisi kehidupannya pun sudah mulai membaik. Peristiwa seakan kembali terulang saat PT IGN tidak lagi beroperasi, pasalnya PT IGN tidak lagi menentukan Musim Tanam (MT) tahun 2014/2015. Para petani pun terancam akan kehilangan pekerjaannya, dan yang lebih parah lagi saat ini tebu banyak yang belum ditebang dan pengirimannya pun sudah terhenti  sejak oktober 2014 lalu.

Sugeng Setia, Koordinator Humas Industri Gula Nusantara (IGN), saat dikonfirmasi mengatakan saat ini kondisi PT IGN sangat memprihatinkan di tengah kebutuhan gula Nusantara guna mencapai swasembada. Saat ini petani-petani tebu yang kehilangan harapan setelah sejumlah PG mengambil sikap untuk sementara membekukan kegiatannya.

Ditambahkan, mengingat PT IGN saat ini kondisinya sangat memprihatinkan sehingga terancam tutup maka pihaknya mohon kepada pemerintah untuk dapat memberikan dukungan penuh demi kelangsungan operasional. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 1 = 3

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.