Home > JATENG RAYA > Owalah.. Iki Lho Biang Banjir di Kantor Bupati Kendal

Owalah.. Iki Lho Biang Banjir di Kantor Bupati Kendal


 

KENDAL – Pascabanjir yang menggenangi komplek Perkantoran Bupati Kendal, Lembaga Pemasyarakatan Kendal (Lapas) dan pemukiman warga di sepanjang Sungai Kendal, saluran yang menjadi penyebab luapan sungai dibersihkan. Dari aksi bersih-bersih ini diketahui sampah plastik banyak menyumbat di saluran sehingga mengganggu aliran air.

Bersih-bersih saluran dipusatkan di sekitar komplek Perkantoran Bupati Kendal dan alun-alun Kendal, Jumat (27/01) pagi. Selokan dan saluran yang tersumbat tanah dan sampah, dibersihkan Dinas Lingkungan Hidup, SAR BPBD  dan sejumlah warga.

Tidak hanya saluran dan selokan saja, sejumlah petugas dari Satpol PP dan pemadam kebakaran juga membersihkan tumpukan kayu dan barang bekas yang ada di sekitar komplek kantor Pemkab Kendal ini.

Pengawas Dinas Lingkungan Hidup, Ahmad Johan mengatakan, sebelumnya sudah dilakukan pengamatan saat banjir menggenangi komplek kantor bupati. “Setelah melihat titik-titik yang menjadi penyebab genangan, kemudian Jumat ini dilakukan pembersihan,” katanya.

Dari aksi bersih-bersih  ini diketahui, saluran yang mengalir dari komplek kantor Bupati Kendal banyak tersumbat sampah dan tanah sehingga air tidak bisa mengalir dengan baik. Tidak hanya itu, tumpukan kayu dan besi serta barang tidak terpakai menjadi penyebab genangan air tidak bisa mengalir ke saluran.

Kasi Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, Sugeng Setia mengatakan bersih-bersih saluran di sekitar alun-alun rutin dilaksanakan untuk mencegah genangan saat hujan deras. “Pasca banjir yang menggenangi komplek perkantoran Bupati Kendal, dilakukan bersih-bersih saluran dan terlihat banyak sampah yang menyumbat,” jelas Sugeng.

Untuk aksi Jumat ini difokuskan di alun-alun dan perkantoran Bupati Kendal dan dilanjukan di sepanjang aliran sungai Kendal. Komplek perkantoran Bupati Kendal sendiri memang langganan banjir, saat sungai kendal meluap. Air menggenang karena saluran yang tersumbat sampah dan posisi jalan masuk perkantoran yang lebih rendah dibandingkan jalan pantura. (MJ-01)

Ini Menarik!

Bungalow atau Kamar Saja, Semua Ada di Karimunjawa Inn

Share this on WhatsApp     BERWISATA ke Karimunjawa, tak mungkin cukup sehari saja. Dikarenakan …

Silakan Berkomentar