Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Optimalisasi Railbus Terkendala Permukiman Warga

Optimalisasi Railbus Terkendala Permukiman Warga

railbus4

SUKOHARJO – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali melakukan ujicoba jalur Railbus Batara Kresna jurusan Solo-Wonogiri. Namun, rencana operasionalisasi Railbus yang sudah diluncurkan dua tahun silam itu masih terkendala perlintasan yang belum sepenuhnya steril.

Ujicoba pada Kamis (4/12) siang itu dipimpin langsung Eksekutif Vice Presiden PT KAI Daops 6 Yogyakarta Sunarjo dan berangkat dari stasiun Purwosari menuju Stasiun Wonogiri. Sekitar pukul 09.30, Railbus melaju dengan kecepatan pelan sekitar 20-30 km/jam dan menempuh jarak 32 km.

Setelah masuk railbus, penumpang mendapatkan berbagai kenyamanan, dengan fasilitas AC, tempat duduk nyaman dan empuk, full musik, juga interior kelas bisnis. Sepanjang perjalanan railbus melaju pelan sambil melakukan cek dan pemantauan jalur. Di sekitar kawasan Semanggi Solo didapati atap rumah warga sangat dekat dengan badan Railbus.

Di lajur Solo – Wonogiri terdapat 147 perlintasan, sementara yang berpalang hanya 4 perlintasan saja. “Satu hambatan lagi, ada sejumlah kabel warga di daerah Wonogiri yang melintang di atas rel, bahkan terlalu rendah jadi menyentuh atap. Harus dibenahi dulu agar tidak berbahaya,” kata Sunarjo.

Sebelumnya diketahui pengoperasionalan railbus tersebut sempat tertunda selama beberapa waktu, karena dalam ujicoba pertama sebelumnya perlu dilakukan banyak perbaikan di antaranya jalur dan stasiun. “Railbus ini mengarah sebagai kereta api perintis. Tiket akan dibantu pemerintah. Besarannya belum ditetapkan,” pungkas Sunarjo. (MJ-12)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar